Search

Tesla Berhasil Membuat Solar Panel Gaya Baru Mirip Genteng Rumah

Solar Panel Berbentuk Genteng Buatan Tesla / Tesla
Solar Panel Berbentuk Genteng Buatan Tesla / Tesla

AMERIKA, REPORTASE: Pendiri TESLA dan sekaligus CEO nya,  Elon Musk, tidak bercanda ketika ia mengatakan bahwa Tesla telah berhasil membuat atap surya gaya baru yang lebih cantik dari atap surya tradisional: Panel listrik tenaga surya gaya lama selama ini dikenal dengan wujud  mirip lempengan plexyboard super besar  berisi kepingan panel yang akan menerima cahaya matahari. Tesla lantas merubah bentuk tampilan panel surya menjadi benar-benar mirip dengan wujud genteng tradisional yang selama ini dipakai diatap rumah.

Atap surya Tesla terbaru ada empat jenis gaya yang berbeda yang disajikan pada acara peluncuran produk mereka. Tesla memakai bahan baku dari kaca yang dipotong kecil, mirip lantai ubin (tiles) yang diberi warna sama dengan atap rumah tradisional, tidak ada yang menyangka bila atap rumah itu sebetulnya adalah solar panel dari ratusan keping kaca yang dijadikan satu. Tiap jenis produk punya tampilan estetika yang berbeda sesuai dengan selera pembeli dan dicocokan dengan bentuk rumahnya

Versi saat ini dari atap genteng kaca solar panel masih mengalami “energy lost” sekitar dua persen dari total efisiensi, sehingga energi matahari yang masuk hanya 98 persen dari apa yang biasa didapatkan dari panel surya tradisional, menurut Elon Musk seperti dilaporkan Techcrunch.

Tetapi perusahaan tersebut bekerjasama dengan raksasa 3M untuk memberi pelapis yang memiliki potensi untuk memungkinkan genteng versi Tesla ini dapat mendapatkan rating efisiensi normal menyerap tenaga matahari.

Tesla saat ini dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi papan atas yang memperkenalkan mobil bisa berjalan sendiri autonomos tanpa perlu sopir untuk mengendalikannya. Pemilik mobil bisa menunggu mobilnya dari ruang lobby utama gedung, dipanggil dengan smartphone, maka mobilnya akan berjalan sendiri dari ruang parkir dibasement gedung untuk mencari posisi tuannya didepan gedung. Selama dijalan rayapun, mobil Tesla dapat mengemudi sendiri sesuai dengan tujuan yang dikehendaki oleh tuannya  (HSG/ Techcrunch)

 

[vc_row][vc_column][vc_video link=”https://youtu.be/HbeZO2sDSH8″][/vc_column][/vc_row]




Loading Facebook Comments ...