Search

Tiga Tersangka Kasus Korupsi Dijebloskan ke Rutan Situbondo

Tiga tersangka korupsi, saat dijebloskan ke Rutan kelas IIB Situbondo.(foto:fat)
Tiga tersangka korupsi, saat dijebloskan ke Rutan kelas IIB Situbondo.(foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Setelah  melakukan pemeriksaan secara intensif, akhirnya penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo, melakukan penahanan terhadap tiga orang tersangka dugaan  korupsi,  pada dua kasus dugaan korupsi yang berbeda di Kabupaten Situbondo.

Bahkan,  penyidik Kejari  Situbondo langsung menjebloskan  tiga orang tersangka   kasus dugaan korupsi tersebut ke Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Situbondo, Jawa Timur.

Tiga tersangka dugaan kasus korupsi  yang menjebloskaan ke Rutan Situbondo. Masing-masing adalah, Uni Suroyo, mantan lurah Patokan, Kecamatan Kota, Situbondo ini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi belanja langsung di Kelurahan Patokan, Situbondo.

Selain itu, Kejari Situbondo juga melakukan penahanan terhadap  dua tersangka korupsi dugaan penyelewengan penyewaan Tanah Kas Desa (TKD) Desa Sumberrejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo,  Abdul Gaffar Samin mantan Sekdes dan Hobburridho mantan Kepala Desa (Kades) Sumberrejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Situbondo Reza Aditya Wardhana membenarkan penahanan terhadap  tiga tersangka kasus  korupsi yang berbeda. Dua  tersangka terlibat dalam kasus dugaan korupsi TKD Desa Sumberrejo, yang mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp.500 juta.

”Sedangkan satu tersangka korupsi belanja  di Kelurahan Dawuhan yang mengakibat kerugian negara sekitar Rp.80 juta, dengan tesangka mantan lurah Kelurahan Dawuhan, yakni Uni Suroyo,”ujar Reza Aditya Wardhana, Selasa (5/11/2019).

Menurutnya, untuk kasus dugaan korupsi TKD Desa Sumberrejo itu terjadi mulai tahun 2011 hingga tahun 2016, sedangkan  khusus dugaan korupsi belanja langsung di Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota, Situbondo itu terjadi pada 2013 hingga 2014, dengan tersangka Uni Suroyo, mantan lurah di Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota, Situbondo.

“Namun, agar  kasus dugaan korupsi TKD dan kasus dugaan korupsi belanja langsung di kelurahan Dawuhan cepat selesai, kami akan segera melimpahkan kasus dua dugaan korupsi tersebut ke pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) di Surabaya,”bebernya.

Lebih jauh Reza Aditya menambahkan, penahanan terhadap tiga orang  tersangka dilakukan, setelah penyidik Satreskrim Polres Situbondo melimpahkan BAP dan tiga orang tersangka dalam  dua kasus dugaan korupsi yang berbeda di Kabupaten Situbondo.”Selain itu, dalam menyerahkan BAP penyidik Satreskrim Polres Situbondo,  juga melengkapi dengan sejumlah barang bukti ke Kejari Situbondo,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...