Search

Tiga TPS di Situbondo Akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang 

Maewoto,  Ketua KPU Situbondo. (foto:fat)
Maewoto, Ketua KPU Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Situbondo, akan dilakukan pemungutan suara ulang (PSU), karena petugas KPPS pada tiga TPS tersebut, memperbolehkan warga luar daerah untuk mencoblosnya, yang hanya menggunakan e-KTP.
Tiga TPS yang akan melakukan PSU pada. Sabtu (27/4/2019) besok. Masing-masing adalah, TPS 01 Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Situbondo dan dua TPS di wilayah  Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten  Situbondo, Jawa Timur.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo Marwoto membenarkan,  jika ada  tiga TPS di Situbondo yang akan melakukan  PSU, dengan dasar rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten  Situbondo.
“PSU dilakukan dengan alasan yang sama, yaitu adanya pemilih dari luar kota yang memberikan hak pilihnya di TPS tersebut dan tidak menggunakan surat pindah memilih, para pemilih tersebut hanya menggunakan e-KTP,”ujar Maewoto,  Ketua KPU Situbondo, Jumat (26/4/2019).
Menurutnya, meski pada TPS tersebut hanya dilakukan PSU, namun para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada tiga TPS tersebut,  akan diberikan  honor seperti biasa, yakni sebesar  Rp.570 ribu bagi ketua, anggota mendapat sebesar  Rp.500 ribu.” Sedangkan dana operasional pembuatan TPS Rp.1.600.000 dan uang makan Rp.44 ribu per orang,”beber Marwoto.
Marwoto menambahkan, untuk mensukseskan pelaksanaan PSU pada tiga TPS tersebut, pada H-1  pihaknya sudah mendistribusikan logistik  Pemilu kepada PPK pada tiga TPS tersebut. Sedangkan proses rekapitulasi ditingkatkan Kabupaten.”Kami merencanakan pada 2 hingga 3 Mei mendatang, mengingat masih ada tiga TPS yang melakukan PSU,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...