Search

Tim SAR Akan Lakukan Pencarian 18 Korban Longsor Hingga 7 Hari ke Depan

Tim SAR Gabungan akan lakukan pencarian korban longsor Brebes hingga 7 hari ke depan. (foto:istimewa)
Tim SAR Gabungan akan lakukan pencarian korban longsor Brebes hingga 7 hari ke depan. (foto:istimewa)

Brebes,reportasenews.com – Evakuasi dan pencarian korban yang masih tertimbun material longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes, Jawa Tengah, hingga Kamis sore (22/2), masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Polhut, PMI, Tagana, relawan, NGO dan masyarakat belum bisa menggunakan alat berat untuk melakukan pencarian 18 korban yang masih tertimbun di reruntuhan material longsor.

Untuk sementara tim SAR masih menggunakan peralatan manual untuk menghindari resiko bahaya yang diakibatkan pergeseran tanah.

Upaya pencarian dilakukan adalah adalah dengan penyisiran sepanjang sungai untuk mencari korban hanyut lainnya.

Hal ini dikarenakan kondisi tanah yang masih labil dan mengalami pergeseran, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan longsor susulan dan dapat membahayakan tim dalam upaya pencarian korban.

Sesuai prosedur, pencarian akan dilakukan selama 7 hari. Jika belum ditemukan maka akan dilanjutkan 7 hari berikutnya.

Pencarian akan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan. Jika gelap, apalagi hujan maka pencarian akan dihentikan sementara.

Data sementara korba longsor adalah 5 orang meninggal dunia, 18 orang hilang dan 14 orang luka-luka. Semua korban sudah dikenali identitasnya. 18 orang yang hilang diduga tertimbun longsor dan hanyut ke Sungai. (*)




Loading Facebook Comments ...