Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

News Feed · 20 Agu 2017 21:36 WIB ·

Timnas Menang Tipis 1-0 Lawan Timor Leste


					Marinus usai mencetak gol satu-satunya gol ke gawang Timor Leste. (foto: youtube) Perbesar

Marinus usai mencetak gol satu-satunya gol ke gawang Timor Leste. (foto: youtube)

Kuala Lumpur, reportasenews.com – Timnas U-22 Indonesia berhasil menaklukkan Timor Leste dengan skor tipis 1-0 pada laga ketiga Grup B SEA Games 2017 di Stadion Selayang Municipal Council, Malaysia, Minggu (20/8). Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Marinus Wanewar pada menit ke-21.

Berbeda dengan dua pertandingan sebelumnya, kali ini Timnas Indonesia U-22 tampil kurang bagus. Meski mendominasi permainan sepertinya anak asuh Luis Milla itu tampil kurang percaya diri dan jauh dari kordinasi antar pemain.

Alhasil gawang Timor Leste kurang mendapat ancaman, pada menit-menit awal, Timor Leste mencoba menekan sisi kiri pertahanan Indonesia. Namun, Rezaldi Hehanusa masih cukup sigap mengantisipasi pergerakan pemain Timor Leste.

Pada menit kesembilan, Indonesia meraih peluang pertama lewat tendangan bebas. Bermula dari pelanggaran terhadap Marinus, pasukan Luis Milla mendapat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Septian David Maulana. Bola sempat mengenai tangan lawan, tetapi luput dari pengamatan wasit.

Setelah itu, terjadi kemelut di depan gawang Timor Leste, tetapi belum bisa dimanfaatkan para pemain Indonesia. Pasukan Luis Milla kembali menekan. Kali ini via Osvaldo Haay, tetapi sundulannya masih belum menembus gawang lawan.

Indonesia akhirnya bisa menjebol gawang lawan lewat sundulan Marinus pada menit ke-21. Dia berhasil memanfaatkan umpan silang Septian David Maulana. Indonesia pun unggul 1-0. Pada babak kedua, Indonesia mendapat peluang pertama lewat Marinus, tetapi tendangannya masih menyamping di sisi gawang Timor Leste.

Garuda Muda kembali mendapat peluang lewat pergerakan Marinus. Dia memberikan umpan ke tengah pertahanan Timor Leste, tetapi dihalau bek lawan. Timor Leste bukan tanpa peluang. Beberapa kali Danilson dan Henrique Wilson mengancam pertahanan Indonesia. Beruntung, kiper Kartika Ajie tampil prima pada laga ini.

Namun, tak lama setelah itu, Kartika Ajie mengalami cedera dan harus diganti oleh Satria Tama. Pelatih Luis Milla pun memasukkan Saddil Ramdani untuk menggantikan Febri Hariyadi dan Asnawi Mangkualam masuk menggantikan Hanif Sjahbandi.

Indonesia beberapa kali mendapat tekanan dari Timor Leste. Beruntung, Hansamu Yama dan yang lain masih cukup sigap menghalau serangan lawan.

Saddil Ramdani yang dikenal dengan tendangan geledeknya mencoba menendang ke gawang Timor Leste setelah memanfaatkan umpan Marinus. Namun bola masih mengenai mistar gawang Timor Leste.

Pada perpanjangan waktu, pertandingan sempat terhenti karena terjadi keributan antar-kedua tim. Bermula dari pelanggaran terhadap Evan Dimas, banyak reaksi akibat hal itu.

Wasit pun mengeluarkan kartu untuk beberapa pemain, termasuk kartu kuning untuk Evan Dimas dan Marinus. Hal ini adalah kerugian bagi Indonesia karena untuk laga selanjutnya, yakni lawan Vietnam, Evan Dimas tak bisa berlaga karena akumulasi kartu kuning.

Adapun pemain Timor Leste, Filipe, mendapat kartu merah karena aksi tak sportifnya. Dalam tayangan ulang, terlihat dia menendang Evan Dimas yang tengah terjatuh.

Setelah itu, tambahan waktu selama empat menit tak mampu dimanfaatkan kedua tim untuk mencetak gol. Indonesia pun menang dengan skor 1-0. Atas hasil ini, Indonesia untuk sementara memimpin klasemen sementara Grup B SEA Games 2017.

Namun, Vietnam punya peluang untuk menyalip pada malam nanti. Dua pertandingan ketiga di Grup B akan dimainkan pada pukul 19.45 WIB, yakni Filipina vs Vietnam dan Thailand vs Kamboja.

Dikerjai Wasit

Pada pertandingan kali ini, tampaknya Timnas banyak dikerjaai wasit selain handsball diatas, wasit dari Malaysia nampak tidak segera memperingatkan Filipe pemain Timor Leste yang sering melakukan tendangan dengan kaki di atas pinggul. Tindakan Filipe itulah yang akhirnya memicu insiden berujung keributan antar-pemain.

Asisten manajer timnas Indonesia, Ferry Kono, menilai Evan Dimas memang diincar pemain lawan agar mendapatkan kartu kuning sehingga berdampak pada kekuatan timnas dalam pertandingan Grup B SEA Games 2017.

“Harusnya hari ini clean termasuk Evan Dimas. Tapi kondisi di lapangan berbeda. Dia tetap mendapatkan kartu kuning sehingga tidak bisa tampil dipertandingan berikutnya,” kata Ferry usai pertandingan Indonesia melawan Timor Leste di Stadion Selayang, Malaysia, Minggu (20/8).(ham)

Susunan pemain Indonesia vs Timor Leste:

Indonesia (4-5-1): Kurniawan Kartika Ajie; Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yamaha, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa; Hanif Sjahbandi, Evan Dimas; Febri Hariyadi, Septian David Maulana, Osvaldo Haay; Marinus Wanewar

Pelatih: Luis Milla

Timor Leste (5-3-2): Fagio Agusto Da Silva, Juliao Dos Reis Mendonca, Adelino Trindade Coelho, Filipe Oliveira, Jorge Sabas Victorm Filomeno Junior da Costa, Kornelis Nahah Portello, Henrique Wilson Da Cruz, Danilson Conceicao, Armino Correja, Gunario Augusto.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Anggota Polsek Karanganyar Bantu Warga Membangun Rumah

29 Maret 2024 - 04:45 WIB

Ngantuk, Sopirn Pikap Tabrak Warung Makan dan Pohon

28 Maret 2024 - 21:15 WIB

Gerebek Arena Judi di Kebun Tebu, Petugas Amankan 2 Pelaku

28 Maret 2024 - 21:06 WIB

Viral di Medsos, di Situbondo Balita Perempuan Dilempar Ayah Kandungnya

28 Maret 2024 - 19:03 WIB

Jembatan Muara Tembesi Nyaris Roboh Ditabrak Tongkang Angkutan Batu Bara

28 Maret 2024 - 18:46 WIB

Pemrov Jambi Kebut Percepatan Pembangunan Jalan Khusus Batu Bara Sepanjang 140 km

28 Maret 2024 - 18:01 WIB

Trending di Daerah