Search

Tingkatkan Gemar Baca Masyarakat, Dorong Tiap Desa Punya Perpustakaan

Sekda Syaifullah, saat meminpin rapat koordinasi.(foto:fat)
Sekda Syaifullah, saat meminpin rapat koordinasi.(foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo,  terus melakukan teroboson dalam meningkatkan  budaya gemar membaca warga Kabupaten Situbondo.
Sejumlah program  inovasi yang telah diinisiasi oleh  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo. Diantaranta, program  Ceria Manis (cerdas, ceria, bermain dan berimajinasi).
Selain itu, ke depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga  mendorong pembentukan perpustakaan di tiap-tiap desa. Sebagai bentuk konkret upaya tersebut, Pemkab Situbondo telah  melaksanakan rapat koordinasi pengembangan perpustakaan desa.
Sekda Situbondo, Syaifullah mengatakan, dalam peyediaan perpustakaan di desa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan siap menyediakan fasilitas buku bacaan. “Desa tinggal menyediakan tempat yang mampu menarik masyarakat untuk datang,” katanya.
Menurutnya, lokasi perpustakaan tidak perlu bagus. Bahkan, bisa memanfaatkan tempat-tempat terbuka. Seperti kawasan wisata, dan tempat keramaian lainnya. “Bisa dibuat lesehan. Tidak perlu formal. Tetapi bagaimana orang senang,” kata Sekda Syaifullah.
Syaifullah menambahkan, perpustakaan merupakan wahana untuk belajar. Melalui sarana tersebut, bisa mengembangkan potensi masyarakat. “Peran perpustakaan sangat vital. Dengan perpustakaan akan meningkatkan sumber daya manusia,” katanya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Situbondo, Usman mengaku, rapat koordinasi pengembangan perpustakaan desa diikuti 120 orang. Peserta terdiri dari ketua tim penggerak PKK kecamatan dan desa. “Tiap-tiap kecamatan diwakili lima desa,” katanya.
Usman menjelaskan rapat tersebut bertujuan untuk pemberdayaan gemar baca masyarakat. Melalui forum itu, dilakukan penyeragaman pedoman penyelenggaraan perpustakaan desa sesuai peraturan dan pedoman yang berlaku. “Juga diharapkan ada peningkatan penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan desa lebih baik. Kemudian, kita mendorong terbentuknya paguyuban perpustakaan desa di tiap kecamatan,” pungkas Usman.
Ada beberapa materi yang disampaikan. Di antaranya, materi tentang peran PKK dalam menumbuhkan minat baca masyarakat, kebijakan penyelenggaraan perpustakaan desa, peran perpustakaan daerah dalam pengembangan perpustakaan desa, dan materi tentang strategi pengembangan perpustakaan desa. (fat)



Loading Facebook Comments ...