Search

Tingkatkan Mutu Pelatih, KONI Situbondo Gelar Pelatihan Pelatih Cabor

Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, menggelar pendikan dan  pelatihan (Diklat) peningkatan  mutu  pelatih semua Cabor/ (foto:fat)
Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, menggelar pendikan dan pelatihan (Diklat) peningkatan mutu pelatih semua Cabor/ (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Upaya meningkatkan prestasi para atlet di semua Cabang Olahraga (Cabor) di Kabupaten Situbondo terus dilakukan. Kali ini, Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, menggelar pendikan dan  pelatihan (Diklat) peningkatan  mutu  pelatih semua Cabor di Kabupaten Situbondo.

Kegiatan Diklat  yang direncanakan berlangsung selama dua hari di Auditorum Kantor KONI Situbondo, dengan narasumber tiga orang dari Universita Surabaya, dengan jumlah peserta 38 pelatih dari 22 Cabor di Kabupaten Situbondo.

Ketua KONI Kabupaten Situbondo Reno Widigdyo mengatakan, untuk meningkatkan mutu pelatih semua Cabor di Kabupaten Situbondo, KONI Kabupaten Situbondo menggelar pelatiha mutu pelatih tahap dua

“Dengan  tujuan utama,  agar para pelatih Cabor di Situbondo  makin matang membimbing para atletnya, dengan materi pelatiha tahap dua ini adalah, pemantapan program latihan dan anatomi kepelatihan olahraga,”kata Reno Widigdyo, Senin (23/4).

Menurutnya, sedangkan tiga orang pemateri dalam pelatihan mutu pelatih semua Cabor tersebut, mereka merupakan tim pemenangan  Kabupaten Situbondo dalam event Pekan Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang diagendakan dilaksanakan pada Tahun 2019 mendatang. “Selain sebagai pemateri, ketiga orang  dari Unesa itu juga merupakan  tim pemenangan Kabupaten Situbondo dalam  menghadapi Porprov tahun  2019 mendatang,”bebernya.

Reno menambahkan, dari hasil pelatihan mutu pelatih ini,  diharapkan para pelatih mampu membuat program latihan,  yang banyak mengandung   peningkatan prestasi bagi  para atletnya di masing-masing cabor.

“Jika para pelatih mampu merekam hasil dari pelatihan mutu pelatih yang dilaksanakan KONI Situbondo, maka persiapan atlet Situbondo dalam menghadapi Porprov tahun 2019 mendatang, maka para atlet akan siap menghadapi lawan saat pertandingan nanti,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan prestasi para atlet, kata Reno, kinerja pelatih dalam membina atletnya perlu ditingkatkan supaya bisa menorehkan prestasi yang maksimal dalam ajang kejuaraan nanti.

”Prestasi cabang olahraga ditentukan dari kerjasama yang baik antara pelatih dan atletnya. Pelatih dan atlet saling bahu-membahu untuk memberikan yang terbaik saat lomba berlangsung,” ungkapnya.

Reno menegaskan, pada pelaksanaan Porprov tahun 2019 mendatang, KONI Situbondo menargetkan sebanyak 10 medali emas. Itu bukan sesuatu yang muluk-muluk, karena prestasi atlet Situbondo cukup membanggakan selama ini. Karena program 100 medali untuk Situbondo dalam jangka waktu lima tahun,  namun target tersebut berhasil  diraih hanya  dalam kurun waktu satu tahun saja.

Lebih jauh  Reno menambahkan, sebanyak 212 atlet akan diseleksi untuk masuk ke Pusat Latihan Kabupaten (Puslatkab) untuk persiapan Porprov 2019 mendatang. Untuk Itu, pelatihan mutu pelatih sangat penting dilaksanakan agar para atlet yang dilatih juga mempunyai  mutu dan  mental bertanding dengan baik.(fat)




Loading Facebook Comments ...