Search

Tingkatkan Pengawasan Masyarakat, Bawaslu Situnondo Gelar Gebyar Budaya 

Tarian landhung yang ditampilkan dalam gebyar budaya. (foto:fat)
Tarian landhung yang ditampilkan dalam gebyar budaya. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Meski pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Situbondo akan digelar pada September 2020 mendatang, namun untuk meningkatkan partisipasi semua elemen masyarakat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, menggelar gebyar budaya, Sabtu (17/11/2019) malam.
Gebyar budaya yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Situbondo, Bawaslu Kabupaten  Situbondo menampilkan berbagai seni dan budaya khas Situbondo, seperi can macanan kaddhu (harimau jadi-jadian), tari landhung, topeng kerte (wayang orang, dan Situbondo akustik.
Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtapi mengatakan, jika kegiatan gebyar budaya ini merupakan salah satu cara mengajak seluruh elemen masyarakat Situbondo, agar  berpartisipasi aktif melakukan pengawasan bersama pada Pilkada Situbondo, yang diagendakan pada September 2020 mendatang.
“Gelaran ini merupakan bagian dari pengembangan sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkada Situbondo pada pertengahan September 2020 mendatang,”ujar Murtapik.
Menurutnya, untuk mensukseskan pelaksanaan  Pilkada Situbondo, pengawasan tidak cukup dilakukan lembaga pengawas pemilu. Oleh karena itu,  Bawaslu mengajak seluruh elemen masyarakat Situbondo,”Agar seluruh  elemen masyarakat  ikut terlibat langsung dan berpartisipasi secara aktif untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada Situbondo yang akan dilaksanakan pada September 2020,”ujar Murtapik.
Pria yang akrab dipanggil Lopa menegaskan, tidak hanya proses penyelenggaraan atau proses pemungutan suara di TPS, namun masyarakat juga penting untuk hadir dan turut serta mengawasi setiap  tahapan penyelenggaraan Pilkada.”Mulai dari pemutakhiran data pemilih sampai rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten, saya berharap masyarakat selalu melakukan pengawasan,”bebernya.
Semenntara itu, Ketua DPRD Kabupatem Situbondo  Edy Wahyudi mengatakan, agar Pilkada Situbondo berlangsung fair, jujur adil dan berkuakitas, pihaknya patut bersyukur, karena selama  kontestasi politik di Kabupaten Situbondo, mulai dari Pilpres sampai Pilkades Situbondo.
“Semua kegiatan tersebut berjalan sukses, aman damai dan kondusif. Hal itu menhnjukkan bahwa masyarakat Situbondo sudah pandai berpolitik. Hal ini harus terus dijaga, agar Situbondo senantuasa aman, damai dan sejahtera,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...