Search

Tipu Sewa Rumah di Media Sosial, Tukang Bangunan ditangkap polisi

Tersangka saat diamankan di Polsek Pontianak Barat,. (foto:das)
Tersangka saat diamankan di Polsek Pontianak Barat,. (foto:das)

Pontianak, reportasenews.com – Baru-baru ini Polsek Pontianak Barat melalui tim Elang Jati mengungkap pelaku penipuan penyewaan rumah melalui media sosial atau Facebook.

 

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/578-B/VI/RES.1.11/2020/Kalbar/Resta Pontianak Kota/Sek. Pontianak Barat tanggal 24 Juni 2020, polisi berhasil menangkap M. Sani (38), warga Jalan Tabrani Ahmad Gang H. Samad No. 21 Kecamatan Pontianak Barat. Pelaku memperdayai korbannya, Erika Handayani (22) seorang mahasiswi dengan memposting ke Facebook yang isinya menyewakan rumah yang beralamat di Jalan Tabrani Ahmad Gang  Berkah,  Kecamatan Pontianak Barat dengan harga sewa Rp 6 juta per tahun.

 

“Kejadian pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020 sekitar pukul 18.00 WIB, pelaku menawarkan sewa rumah kepada korbannya yang rumah itu berada di Jalan Tabrani Ahmad Gang Berkah, Kecamatan Pontianak Barat. Pelaku ditangkap pada Selasa, 30 Juni 2020 pukul 09.30 WIB di Jalan Tabrani Ahmad Gang H. Samad nomor 21 Pontianak Barat,” kata Kapolsek Pontianak Barat, AKP Eko Mardianto, kepada wartawan, Jumat (3/7).

Kapolsek mengungkapkan pelaku memposting informasi di Facebook yang isinya menyewakan sebuah rumah di jalan Tabrani Ahmad dengan harga sewa Rp 6 juta per tahun.

Kemudian, korban melihat postingan tersebut langsung chat pelaku (tanpa adanya pertemuan sama sekali) dan korban tidak mengenal pelaku. Terjadilah transaksi antara korban dan pelaku, sehingga korban membayar uang tanda jadi sebesar Rp. 3,5 juta.

“Pada saat korban mau menempati rumah tersebut, ternyata rumah tersebut bukanlah milik pelaku,” ujar Kapolsek.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp.3,5 juta dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pontianak Barat.

“Pelaku telah diamankan dan ditahan, sementara barang bukti yang diperoleh adalah satu lebar struk ATM bukti transfer dan screenshoot bukti transfer M Bangking. Pasal yang dikenai adalah pasal 378 KUHP tentang penipuan,” tutupnya. (das)




Loading Facebook Comments ...