Search

TMMD Dekatkan TNI dengan Rakyat

Para prajurit TNI berbaur merakyat dengan warga. Tak hanya menginap di rumah warga, mereka juga makan bersama dalam suasana penuh kekeluargaan. (dik)
Para prajurit TNI berbaur merakyat dengan warga. Tak hanya menginap di rumah warga, mereka juga makan bersama dalam suasana penuh kekeluargaan. (dik)
Gresik, reportasenews.com – Ada yang menarik di sela-sela pelaksanaan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-102 di Desa Ngampel Balongpanggang Gresik. Pasalnya, warga merasa benar-benar begitu dekat dengan para prajurit TNI. Saking dekatnya, apalagi selama kegiatan TMMD para anggota ini menginap di rumah warga, kedekatan TNI dan warga terjalin erat layaknya sahabat sejati.
Hal itu diungkapkan Kasianto (53), warga Desa Ngampel, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Dirinya bersama warga lainnya baru pertama kali ini merasakan satu rumah dengan prajurit TNI yang tergabung di dalam Satgas (Satuan tugas) TMMD yang membuatnya sangat terkesan sekali seperti sahabat karib yang lama baru muncul di dalam keluarganya.
“Para prajurit TNI ini kelihatannya keras, tapi nyatanya tidak. Mereka malah suka guyonan (bercanda,Red) tanpa peduli bahwa mereka adalah seorang tentara. Mereka justru terlihat seperti rakyat biasa yang begitu mempedulikan nasib rakyat di sekelilingnya,” cetus Kasianto dengan nada kagum.
Bahkan, kata Kasianto,  kedekatan itu semakin terasa ketika Satgas TMMD menggelar acara makan bersama di rumah miliknya. “Semua Bapak tentara ini (Satgas TMMD,Red) yang nanggung makanan dan minumannya. Kami hanya menyediakan tempat dan sarananya saja,” ungkap polos seorang rakyat biasa bernama Kasianto itu.
Memang, kedekatan Prajurit TNI dan warga ini menjadi pesan penting yang selalu didengungkan oleh Dansatgas TMMD Ke-102 selaku Dandim 0817/Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto.
Dengan tegas dan penuh wibawa, Dandim Widodo menginstruksikan, selama berlangsungnya TMMD, pihaknya menghimbau seluruh anggota yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-102 di wilayah Teritorial Kodim 0817/Gresik ini agar bisa menyatu dan membaur bersama warga di lokasi TMMD.
Selain itu, lanjut Letkol Kav. Widodo Pujianto, Satgas TMMD juga diwajibkan untuk bisa menerima aspirasi maupun saran dari warga guna kemajuan dan perkembangan lokasi TMMD tersebut.
“Tak hanya itu, Satgas TMMD juga harus bisa menjadi wadah bersama dalam mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sebab, hakikat sebenarnya bahwa kita adalah Tentara Rakyat dan Tentara Pejuang yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan akan kembali menjadi rakyat,” tandas Dandim Letkol Kav Widodo saat dikonfirmasi Reportasenews.com, Jumat (20/07/2018). (dik)



Loading Facebook Comments ...