Search

Topan Nesat Mengamuk di Taiwan, 250.000 Rumah Padam Listriknya

Angin topan, hujan deras dan listrik padam/ Focus Taiwan
Angin topan, hujan deras dan listrik padam/ Focus Taiwan

Taiwan, reportasenews.com – Angin kencang dan hujan deras melanda Taiwan Sabtu, melukai puluhan, mematikan listrik utama, melumpuhkan lalu lintas dan memaksa ribuan orang untuk mengungsi. Di ibu kota Taipei, banyak layanan ditangguhkan, pekerja kantor dan kelas disekolah dibatalkan sampai hari senin.

Sedikitnya 8.760 orang dievakuasi dari daerah yang paling parah terkena dampak Topan Nesat pada Sabtu malam, kantor berita Pusat Berita Taiwan melaporkan.

Badai hujan tropis yang kuat yang turun di pulau itu Sabtu dan mendekati bagian daratan Cina pada hari Minggu pagi diperkirakan akan mengarungi wilayah tersebut selama dua hari, menurut perkiraan oleh Biro Cuaca Pusat.

Saluran listrik jatuh di seluruh wilayah, menyebabkan sekitar 249.230 rumah tangga tanpa listrik, menurut Channel NewsAsia. Beberapa titik dikota gelap gulita tanpa daya.

Antrian panjang tampak di bandara, dengan hampir semua penerbangan domestik dan internasional dibatalkan karena kondisi cuaca yang buruk. Maskapai Taiwan EVA Air Corporation mengatakan, pihaknya membatalkan 42 penerbangan Sabtu.

Beberapa tweet dari netizen disana juga memberikan kabar seputar kerasnya sapuan topan Nesat dengan melaporkan padangan mata mereka disana.

ScreenShot018

– Foreigners in Taiwan (@foreignersinTW) 30 Juli 2017
Angin yang mencapai 112 kilometer per jam (70 mph) menerjang orang dan benda. Sedikitnya 80 regu penyelamat terluka, sebagian besar  puing-puing terbang. Dua pekerja penyelamat terluka parah, kata pihak berwenang.

– Tertekan oleh #TyphoonNesat! Ini adalah kekacauan di TPE saat sejumlah penerbangan dibatalkan di seluruh papan flight. Kami sudah menunggu 6 jam & berhitung untuk mendapatkan rebooked. Pic.twitter.com/sIVDIgcEDc

– Juanita Ng (@JuanitaNg) 30 июля 2017 г.
Pihak berwenang mengatakan pemadaman listrik tersebut mempengaruhi lebih dari setengah juta rumah tangga, namun respons bencana pemerintah cepat dan kekuatan dipulihkan di 360.000 rumah pada hari Minggu pagi.

ScreenShot015

– (@ lazy1843) 29 Juli 2017
[PHOTO] banjir Pingtung https: //t.co/tJFbdPX2capic.twitter.com/vklSigYFoq

– Fokus Taiwan (@Focus_Taiwan) 29 Juli 2017
Warga di bagian selatan negara itu terkena dampak paling parah. Puluhan orang di daerah Pingtung yang terletak di ujung selatan pulau itu, terjebak karena banjir besar yang menghalangi jalan. Tiga orang dibawa ke rumah sakit.

(Hsg)

 

 




Loading Facebook Comments ...