Search

TRAMP Minta Perda Larangan Kegiatan Outdoor SMA Dicabut

Pecinta Alam SMA 68 Jakarta di salah satu puncak gunung.
Pecinta Alam SMA 68 Jakarta di salah satu puncak gunung.

Jakarta, reportasenews.com–Kegiatan pencinta alam merupakan salah satu cara pelajar untuk dapat mendekatkan diri kepada Tuhan, karena melalui alam para pelajar dapat merasakan betapa besar karunia Tuhan kepada umat manusia.

Hal itu disampaikan pendiri klub pencinta alam Elpala, SMA 68 Jakarta, Dar Edi Yoga ketika menanggapi keinginan para pencinta alam di Jakarta agar mencabut Pergub Nomor 179 tahun 2015 Tentang Ekstra Kurikuler, dimana dalam surat Surat Edaran Kadis Pendidikan Provinsi DKI tertuang tentang Larangan Berkegiatan Luar Kota.

“Alam beserta isinya dan hukum-hukum yang ada padanya merupakan sekolah yang baik bagi pembinaan watak manusia, oleh sebab itu kegiatan para pelajar di alam bebas patut didukung,” tegas Dar Edi Yoga yang juga Penasehat Top Ranger And Mountain Pathfinder, ( TRAMP).

Untuk itu Dar Edi Yoga yang juga manajer pendaki tunadaksa dunia Sabar Gorky memohon agar Gubernur DKI Anies Baswedan mencabut Pergub Nomor 179 tahun 2015  karena hal itu justru menghambat kreatifitas siswa dan membuat ekstra kurikuler siswa itu tidak terbina dengan baik dan cenderung menjadi liar.

“Jangan gara-gara ulah sekelompok siswa, yang lain kena imbasnya. Sehingga para kepala sekolah mengambil posisi aman dengan melarang kegiatan di luar sekolah dan bahkan ada yang menutup kegiatan klub pencinta alam di sekolah yang dipimpinnya,” jelas Dar Edi Yoga.

Menurut Dar Edi Yoga, mendaki gunung, masuk keluar gua, menyusuri pantai, panjat tebing, adalah proses remaja mendewasakan dirinya. Untuk itu ekstra kurikuler di sekolah patut diapresiasi, diberi bimbingan dan pelatihan agar kecelakaan di alam dapat diminimalisir.

“Daripada siswa berkutat dengan game di gadgetnya, berkeliaran di mall, tawuran, khan lebih baik diisi dengan kegiatan alam bebas yang akan menjadikan mereka generasi yang lebih bertanggung jawab,” imbuh Dar Edi Yoga yang sukses mengantarkan siswa Elpala SMA 68 meraih rekor MURI. (tat/r)




Loading Facebook Comments ...