Search

Trump Sebut Negara El Savador, Haiti dan Afrika Sebagai Negara “Shithole”

trump muka jelek

Amerika, reportasenews.com – Donald Trump menggambarkan El Salvador, Haiti dan beberapa negara Afrika dengan sebutan negara “shithole” dalam sebuah pertemuan dengan anggota parlemen pada hari Kamis, menurut sebuah laporan.

“Shithole” secara harfiah diartikan sebagai lubang tempat buang peturasan air besar, atau dapat disebut sebagai “lubang anus” dibadan manusia. Sebuah ungkapan penghinaan yang keterlaluan, menyamakan sebuah negara dengan bahasa tersebut.

“Kenapa kita selalu membiarkan pendatang masuk kemari justru dari negara ‘shithole’?, tanya presiden Donald Trump.

Trump mengatakan itu setelah dipresentasikan sebuah proposal untuk memulihkan perlindungan bagi imigran dari negara-negara tersebut sebagai bagian dari kesepakatan imigrasi bipartisan, menurut Washington Post.

Presiden ingin tahu mengapa Amerika Serikat menerima imigran dari negara-negara ‘shithole’ ini daripada wilayah lain seperti Norwegia.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih tidak menyangkal ucapan Trump tersebut, malah menyoroti sikap imigrasi garis keras Trump.

“Beberapa politisi Washington memilih untuk memperjuangkan negara-negara asing, namun Presiden Trump akan selalu memperjuangkan rakyat Amerika,” kata Raj Shah, juru bicara Gedung Putih.

“Seperti negara-negara lain yang memiliki konsep imigrasi berbasis jasa, Presiden Trump memperjuangkan solusi permanen yang dapat membuat negara kita lebih kuat dan lebih hebat.”

Dia menambahkan bahwa Trump akan “selalu menolak tindakan pemberhentian sementara, lemah dan berbahaya yang mengancam kehidupan orang Amerika pekerja keras, dan melemahkan para imigran yang mencari kehidupan yang lebih baik di Amerika Serikat melalui jalur hukum”.

Komentar presiden Trump sontak mengundang “paduan suara” Demokrat yang mengutuk ucapan Trump sebagai “rasis”.

“Kami selalu tahu bahwa Presiden Trump tidak menyukai orang-orang dari negara tertentu, atau orang dengan warna kulit tertentu. Sekarang kita bisa mengatakan dengan keyakinan 100% bahwa presiden tersebut adalah seorang rasis,” kata anggota Kongres Luis Gutiérrez, seorang Demokrat dari Illinois.

“Inilah Donald Trump yang sebenarnya dan ketakutan terbesarnya adalah semua pemilih dia akan memuji dia,” tambahnya.

Orrin Hatch, seorang Republikan dari Utah yang telah membantu melaksanakan agenda legislatif presiden mengatakan, “Bagian dari apa yang membuat Amerika begitu istimewa kami menerima imigran terbaik dan tercerdas dari seluruh dunia ini, terlepas dari negara asal mereka.”

Vicente Fox, mantan presiden Meksiko dan seorang kritikus tajam terhadap Trump, membalas penghinaan di Twitter, menambahkan: “Kehebatan Amerika dibangun berdasarkan keragaman, atau apakah Anda melupakan latar belakang imigran Anda, Donald?” (Hsg)




Loading Facebook Comments ...