Search

Tulamben, Desa Kecil di Bali Tujuan Penyelaman Dunia

Tulamben, salah satu objek wisata yang terkenal dengan site diving terbaik, tempat lokasi terumbu karang, ikan, dan bangkai kapal (wreck) USS Liberty, yang tenggelam pada tahun 1963 (foto: tata)
Tulamben, salah satu objek wisata yang terkenal dengan site diving terbaik, tempat lokasi terumbu karang, ikan, dan bangkai kapal (wreck) USS Liberty, yang tenggelam pada tahun 1963 (foto: tata)

Jakarta, reportasenews.com– Bali, tidak pernah kehilangan pesonanya. Di Kabupaten Karangasem, nun di sebelah timurnya, terdapat Tulamben adalah desa pinggir laut yang telah terkenal di dunia karena puing USAT Liberty yang sangat populer, dimana kebanyakan dari penyelam scuba menganggap ini sebagai salah satu tempat menyelam dengan akses pantai terbaik dunia.

Menyelam di Tulamben tidak terbatas hanya dengan puing USAT (United States Army Transport) Liberty, ada banyak lagi situs lainnya, semuanya cukup berbeda satu dengan yang lain dan masing masing memiliki kelebihan keragaman alam lautnya . Situs seperti Drop off, Coral Garden, dan Seraya. Dan perjalanan yang santai menuju sebelah timur laut Tulamben semakin menarik.

Alasan utama penyelam mengelilingi dunia untuk sampai ke Tulamben adalah puing USAT Liberty, terdampar hanya 40 meter dari pantai dan pastinya puing kapal dari PD II yang paling mudah dicapai.

Torpedo

Gabungan dari akibat bencana torpedo dan letusan gunung berapi yang menjadikan puing ini terdampar di tempat yang dangkal. Ujungnya terletak hanya 5 meter dibawah air, dan sisanya tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter , yang berarti penyelam dengan segala level bisa menjelajahi puing ini, yang dihiasi dengan koral sehat, kipas laut, dan spons laut berukuran besar.

usat-liberty-wreck grafis

Serangkaian kejadianlah yang  membawa kapal USAT Liberty dari PD II kepada tempatnya sekarang di 40 meter dari pantai Tulamben.

Pertama, tahun 1942 kapal ini di serang torpedo oleh Kapal selam Jepang di selat Lombok saat membawa pasokan karet dan bagian- bagian rel kereta api dari Australia.

Dua pasukan penghancur  dikerahkan untuk menarik kapal yang telah rusak ke Pelabuhan Singaraja di Pantai utara Bali, tetapi kapal sudah rusak berat dan mulai tenggelam sampai harus dipinggirkan di Pantai Tulamben dimana barang bawaan diangkut keluar.

Dengan akses pantai yang mudah , kondisi tenang dan jarak pandang yang baik membuat puing kapal Tulamben menjadi tempat sempurna untuk penyelam pemula dan yang berpengalaman.

Puri Madha

Lokasi paling baik mengawali diving melalui Puri Madha Resort, yang berdiri persis di bibir pantai. Hotel ini menjadi favorit penyelam, karena keramahtamahan dan kemudahan aksesnya.

Menurut pengelola Puri Madha Resort Wayan Tambir, letusan Gunung Agung sempat membuat usaha ditutup sementara.

Wayan Tambir dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Wayan Tambir dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

“Sekarang wisata di Tulamben sudah bangkit lagi, syukur kondisi Gunung Agung sudah normal. Silahkan para penyelam menikmatai keindahan bawah laut, kami dari masyarakat akan mengawal dan memberikan pelayanan yang terbaik,” tutur Wayan Tambir kepada reportasenews.com.

Puri Madha 2

Puri Madha 3

Puri Madha 1

Banyak di bangun bungalow baru yang nyaman, bersih dan lokasi tempat ini berada persis di depan ship wreck. Sangat cocok bagi penyelam dan untuk berbulan madu. Terdapat kolam renang outdoor di tepi pantai yang memiliki kedalaman 4 meter untuk kursus diving.

Kamarnya nyaman, luas, ada saluran TV kabel, kamar mandi luas dan bersih, ranjang nyaman.

Titik Penyelaman

Selain titik penyelaman di USAT Liberty, juga ada titik pilihan penyelaman kedua, yakni Coral Garden adalah surganya para pecinta makro. Kebanyakan dari situs menyelam ini cukup  dangkal dengan terumbu karang cerah dan sehat dan aktifitas alam makro dimulai dari kedalaman 5 meter, maka pemakaian udara yang sedikit memungkinkan anda bereksplorasi lebih lama dan mengambil foto.

wreck-diving-bali

Saya suka sekali dengan situs ini , biasanya cukup sepi karena kebanyakan pengunjung lebih tertarik mengunjungi Puing kapal. Aksesnya melalui pantai, dan sedikit berenang menuju dinding yang mencapai kedalaman 70 meter!

Dinding ini diselimuti spons dan kipas laut gorgonia, minta pada pemandu anda untuk mencari kuda laut pygmy , mereka sering ditemukan disini. Bila anda mencapai akhir dari dinding ,anda akan menemukan gorgonia raksasa tumbuh di kedalaman 25 meter.

tulamben ikan besar

Lihat kedalam retakan dan lubang,itu adalah tempat bersembunyi untuk Lion fish , moray, kepiting, dan frog fish. Jauh dari dinding anda akan melihat trigger fish , buntal , tuna, dan trevally. (hendrata yudha)




Loading Facebook Comments ...