Search

UIII Akan Menjadi Pusat Kajian dan Penelitian Perdadaban Islam Dunia

Presiden Jokwi melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Universitas Islam Iternasional Indonesia di Depok. (foto:ltf)
Presiden Jokwi melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Universitas Islam Iternasional Indonesia di Depok. (foto:ltf)
Depok,reportasenews.com  – Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan pembangunan tahap pertama untuk Universitas Islam Internasional Indonesia di lahan RRI sebesar Rp 700 miliar.
“Diperkirakan akan selesai total, kurang lebih dari empat tahun. Tahun depan insya Allah sudah dapat digunakan untuk 1,2,3 mata kuliah, sudah kita persiapkan,” kata Joko Widodo, di lokasi peletakan Batu Pertama Kampus UIII, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018).
Pembangunan UIII, kata Joko Widodo, masuk dalam proyek strategis nasional. “Setelah dihitung-hitung habisnya lumayan besar. Yang dilaporkan ke saya sebesar Rp 3,5 triliun. Itu sudah dimasukkan ke dalam proyek strategis nasional,” kelakarnya.
Dirinya berharap Kampus UIII dapat menjadi pusat kajian dan penelitian demi kemajuan peradaban Islam di dunia.
“Kami harap UIII bisa menjadi pusat kajian, pusat penelitian di negara Indonesia. Sebab negara kita ini dikenal sebagai penduduk muslim terbesar, sudah sewajarnya, dan sepatutnya menjadi rujukan bagi kemajuan peradaban Islam di dunia,” ujarnya.
Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Kampus UIII dibangun sesuai Perpres No.27 Tahun 2015.
“Kami membangun universitas Islam terbesar di Indonesia merujuk Perpres sekaligus untuk meneguhkan dunia Islam di Internasional,” ungkapnya.
Lukman menuturkan, ada dua program yang paling utama di kampus tersebut. Yakni, Magister dan Dokter.
“Kampus ini berbeda dengan kampus Islam yang telah ada, UIII juga dibuat untuk meningkatkan peradaban Islam Indonesia dan global dalam bidang pendidikan,” tandasnya. (jan/ltf)



Loading Facebook Comments ...