Search

Unik, di Kota Blitar PNS Hingga Pegawai SPBU, Berpakaian Jadul

Petugas SPBU layani pelanggan dengan pakaian jadul. (foto: yos)
Petugas SPBU layani pelanggan dengan pakaian jadul. (foto: yos)

Blitar, reportasenews.com – Ada pemandangan berbeda jika anda berkunjung ke Kota Blitar setiap April. Ya, anda akan menemukan seluruh PNS di kota berjuluk Bumi Bung Karno ini, mengenakan pakaian jadul alias jaman dulu. Bukan hanya itu, seluruh pegawai BUMN, seluruh pelajar, tukang sampah hingga pegawai SPBU juga mengenakan pakaian jaman dulu, atau pakaian tradisional tempo dulu.

Ini merupakan imbauan langsung Walikota Blitar, Samanhudi Anwar, untuk memperingati HUT Kota Blitar, yang tahun ini merupakan ke-111.

Pantauan reportasenews.com di lapangan, seluruh pelayanan di lingkup Pemkot Blitar, dan sejumlah lokasi lainya, tidak terganggu dengan penggunaan pakaian jaman dulu ini. Di sejumlah SPBU yang ada, kondisi ini menjadi daya tarik sendiri, karena berbeda dari biasanya. Para pegawai SPBU, juga tidak canggung meski menjadi pusat perhatian sejumlah pelanggan terutama dari luar kota.

“Gak mengganggu sih, sudah terbiasa,”ujar Ayu Wandira, petugas SPBU di Jalan Sodanco Supriadi Kota Blitar, kepada reportasenews.com Senin (3/4).

Sementara, Gigih Mardiana Kasubag Humas Pemkot Blitar yang dikonfirmasi reportasenews.com di tempat terpisah menyatakan, khusus untuk PNS menggunakan pakaian jadul selama tujuh hari mulai tanggal 1 April kemarin, sementara non PNS selama tiga hari saja.

“Ini memang himbauan dari bapak walikota setiap memperingati HUT Kota Blitar,” jelas Gigih kepada reportasenews.com di lokasi terpisah.

Menurut Gigih, pakaian jadul ini untuk menunjukkan jati diri bangsa khususnya wong (orang) Blitar. “Tujuannya akar orang blitar tetap ingat hari jadi kotanya dan jatidirinya dengan berbusana tradisional,” pungkas Gigih. (yos)




Loading Facebook Comments ...