Search

Usai Mengikuti Latma, Tentara Singapura Dikenalkan Tempat Wisata, Kuliner dan Budaya  Situbondo

Bupaati Dadang Wigiarto, saat menerima cinderamata dari perwakilan  SAF. (foto:fat)
Bupaati Dadang Wigiarto, saat menerima cinderamata dari perwakilan  SAF. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Usai mengikuti latihan bersama (Latma) dengan sandi  Safkar Indopura ke-30 Tahun 2018 bersama  TNI-AD di Kabupaten Situbondo,  tentara Singapores  Armed Force (SAF) juga  dikenalkan ke tempat Wisata Bahari Pasirputih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (20/11/2018).

Bahkan,  angkatan darat Singupura atau SAF juga dikenalkan dengan berbagai budaya dan kuliner  khas Kabupaten Situbondo, salah satunya tarian “Kembheng Molje” dan tarian Garuda. Praktis, suguhan tarian tradisional Situbondo itu, mendapat aplaus dari para angkatan darat Singapura atau SAF.

Dandim 0823 Letkol Akhmad Juni Toa dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sengaja mengundang para tentara  Singapura atau SAF. Itu dilakukan karena  dalam latihan bersama ini,peserta latihan tidak  hanya melaksanakan latihan tempur saja,   namun untuk menyamakan persepsi antara kedua Angkatan Darat dan meningkatkan persahabatan, beberapa kegiatan juga turut digelar.

“Selain kegiatan  olahraga bersama,  dalam Latma ini juga ditampilkan berbagai   budaya dan pengenalan tempat wisata  di wilayah Kabupaten Situbondo, juga dilaksanakan dalam Latma  Safkar  Indopura ke-30 tersebut. Dengan tujuan untuk  mendukung program Bupati dan Wabup Situbondo, yang mencanangkan tahun 2019  mendatang sebagai tahun kunjungan wisata,”ujar Dandim Akhmad Joni Toa, Selasa (20/11/2018.

Menurutnya, pihaknya sengaja mengundang  para angkatan darat Singapura atau SAF ke tempat wisata Situbondo, karena  Situbondo punya kekayaan wisata pantai yang tidak kalah dengan Pulau Bali. Selain itu,   kulinernya juga cocok dengan lidah orang Asia.”Kami hanya berupaya menjadi tuan rumah yang baik, sehingga saat mereka pulang ke negaranya, mereka  memiliki kesan tentang Indonesia dan Situbondo,”katanya.

Bupati Situbondo  Dadang Wigiarto mengatakan,  pihaknya berharap kedatangan tentara dari Negara Singapura ini nantinya mampu menarik Wisatawan Singapura  untuk berkunjung ke Situbondo.”Sebab, dalam menyambut tahun kunjungan waisata yang dicanangkan pada tahun 2019 mendatang, kami sudah mempersiapkan destinasi wisata baru di Situbondo,”ujar Bupati Dadang Wigiarto.

Sementara itu, perwakilan angkatan darat  Singapura (SAF) LTC Choy Yong Cong mengatakan, pihaknya  sangat terkesan dengan keramahan Indonesia dan indahnya alam  di Kabupaten Situbondo.

“Kami ucapkan terima kasih terhadap TNI- AD, Dandim 0823 dan Pemkab  Situbondo yang menjamu kami dengan sangat baik. Selain itu, saya mewakili teman-teman mengaku terkesan dengan indahnya alam Situbondo dan budaya disini, semoga kita bisa berjumpa lagi,”katanya.

Usai mendapat jamuan,  TNI-AD dan SAF melakukan penanaman pohon mangrove dan penanaman terumbu karang di Perairan Pasirputih, Situbondo.  Menariknya, pelepasan angkatan darat Singapura atau  SAF itu ditandai dengan pelepasan buruk blekok.(fat)




Loading Facebook Comments ...