Search

Venus Optics Mengeluarkan Lensa Macro “Nyeleneh”

Ephotozine
Ephotozine

JAKARTA, REPORTASE – Bisa jadi inilah lensa macro paling aneh bentuknya dalam sejarah fotografi modern. Venus Optics mengeluarkan satu jenis lensa macro terbaru dengan nama The Laowa 24mm f/14 2x Macro. Jangan salah baca, bukaan terlebar diaghframa lensa ini adalah f/14 dan bukan f/1,4 ini adalah termasuk lensa macro yang hanya efektif dipakai dikondisi cahaya sangat kuat atau memakai ASA tinggi.

Lensa ini diperkenalkan di Photokina tahun ini menurut laporan dari Ephotozine. Produk ini akan masuk pasar tahun depan atau akhir tahun ini, hingga saat ini belum ada harga jualnya.

Tech specs, 2:1 (2x) Macro, f/14 maximum aperture, Canon and Nikon mount, Full Frame (36mmx24mm).

Venus Optics memiliki sejarah yang baik membuat lensa yang berkualitas apik dengan harga yang terjangkau.

Pembesaran  2: 1 atau bisa disebut 2x Makro, ukuran objek akan digandakan dua kali lipat pada bidang gambar, ambil contoh jika kita memotret uang logam 500 rupiah maka  obyek akan membesar hampir seluruh isi frame dari bingkai kamera standar 35mm.

Sedangkan tabung sepanjang itu dipakai dilensa ini menurut Venus berguna untuk menjaga jarak ideal bagi serang super kecil yang amat pemalu dan sulit didekati tubuh manusia.

Pemakaian tabung itu juga membuat masuknya cahaya kedalam sangat berkurang sehingga lensa ini tidak mempunyai bukaan diaghframa yang cukup lebar, hanya berhenti di f/14 atau f/16. Lensa ini sulit diprediksi akan disukai oleh fotografer mengingat dari sisi fisiknya saja sudah lumayan merepotkan dibawa, atau dioperasikan dilapangan dibandingkan misal “kakak tertuanya” sesama lensa macro kelas 135mm yang sudah lebih dulu berjaya dipasaran.

Selain itu bagi kalangan fotografer amatir, bukaan lensa yang mentok di f/14 terasa cukup menyiksa apalagi dikondisi cahaya agak lemah seperti pagi hari, sore hari, atau mendung tebal. Beberapa serangga hanya keluar saat cahaya matahari redup, sehingga lensa ideal untuk macro tentu mempunyai bukaan diaghframa yang cukup memadai dicahaya redup.(HSG/ Ephotozine)




Loading Facebook Comments ...