Search

Versi Google Trend, Popularitas Capim KPK Ike Edwin Meroket

Gambar kurva.
Gambar kurva.

Jakarta, reportasenews.com – Irjen Pol. Ike Edwin mengungguli calon pimpinan (Capim) KPK lainnya dari Polri dalam pencarian berita di mesin pencari google dalam 24 jam terakhir (11-12 Juli 2019). Data pencarian di Google Trend Indonesia, Irjen Pol. Ike Edwin mengungguli nama Capim KPK dari Kepolisian, yakni Irjen Pol. Firli Bahuri, Irjen Pol. Antam Novambar, dan Komjen Pol. (Purn) Anang Iskandar.

Dalam data Google Trend Indonesia, pertarungan antara nama-nama Capim KPK tersebut, Irjen Pol. Ike Edwin dengan mudah diasosiasikan dengan topik Calon Pimpinan KPK. Tampak dalam pencarian Google Trend Indonesia, nama Irjen Pol. Ike Edwin unggul karena nama jenderal bintang dua ini menjadi calon alternatif dilihat dari rekam jejak dan kemampuan pemberantasan korupsi seperti pengungkapan kasus korupsi Gayus Tambunan yang dimunculkan dalam berita beberapa media di Indonesia.

Tampak dari kurva yang ditunjukkan trend pencarian Google Indonesia, Irjen Pol. Ike Edwin memimpin pencarian di beberapa waktu. Pada tanggal 12 Juli 2019, Ike Edwin (warna biru) memimpin pencarian pada pukul 07.40, 12.52, 14.36, 15.16, dan 19.08 WIB.  Pencarian calon Irjen Pol. Ike Edwin memimpin pencarian di beberapa daerah seperti Lampung, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, serta DKI Jakarta.

Gambar kurva.

Gambar kurva.

Nama Irjen Pol. Ike Edwin yang lolos dalam seleksi Capim KPK merupakan 1 dari 17 calon lain yang berasal dari Polri. Calon lain yang cukup kuat adalah Irjen Pol. Firli Bahuri dan Antam Novambar. Sementara pensiunan Polri Komjen Pol. Anang Iskandar tampak dari kurva trend pencarian Google Indonesia juga cukup kuat. Sementara calon lain dari Polri yang berbintang satu,  Ahmad Wiagus masih belum menjadi topic pecarian orang di jagad internet Indonesia.

Dapat disimpulkan dari trend pencarian Google Indonesia bahwa dalam 24 jam terakhir sejak 11 Juli 2019 hingga 12 Juli 2019 pukul 22.00 WIB, lima nama calon dari Polri kurang lebih sama kuat. Namun, Irjen Pol. Ike Edwin tampak memimpin dilihat dari pencarian Google akibat pencarian di internet terhadap calon alternatif pimpinan KPK di Indonesia. Nama baru dengan rekam jejak pemberantasan korupsi mendorong motif pencarian orang di mesin pencari yang menguasai jagad internet Indonesia.

Gambar peta.

Gambar peta.

Hingga tanggal 12 Juli 2019, tampak pencarian masih mengarah pada calon alternatif dari Polri untuk Capim KPK. Tampak pula profil para calon menjadi topik yang dicari para pengguna mesin pencari google. (*)




Loading Facebook Comments ...