Search

Wabup Yoyok Mulyadi, Pantau Try Out SD di Kota Situbondo

Wabup Yoyok memantau pelaksanaan try out di SDN 1 Dawuhan, pagi kemarin (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Menjelang pelaksanaan ujian akhir sekolah berbasis nasional (USBN),  sejumlah sekolah SD di Kota Situbondo,  mengikuti try out yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Situbondo, Senin (18/3/2019).
Kegiatan try out sebagai salah satu. persiapan USBN tersebut, dipantau langsung oleh Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi. Bahkan, Wabup mengatakan, dengan kegiatan try out, dirinya yakin para siswa SD di Situbondo siap menghadapi USBN tahun 2019.“Insya Allah, saya lihat mereka sudah siap lahir batin untuk mengikuti USBN,” katanya.
Yoyok mengatakan, try out sangat penting dilaksanakan. Dari laporan yang diterimanya dari Disdikbud Situbondo, ini merupakan try out ketiga para siswa SD, baik  negeri dan swasta se Kabupaten Situbondo. “Harapan saya, kegiatan try out menjadi bekal bagi anak didik kita menghadapi ujian yang sesungguhnya,” ujarnya.
Sementara itu, Kasie SD Disdikbud Situbondo, Suradi mengatakan, sebanyak 442 lembaga SD negeri dan swasta yang melaksanakan try out, kemarin. Dengan jumlah peserta sebanyak 8.492 siswa. “Pelaksanaan try out ini selama tiga hari, yaitu sampai tanggal 20 Maret besok,” ujarnya.
Pada hari pertama, siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Kemudian pagi ini mata pelajaran Matematika, dan hari terakhir, siswa akan berhadapan dengan soal IPA. “Ini sebagai latihan menuju UASBN yang akan dilaksanakan tanggal 22-24 April mendatang. Ketiga pelajaran tersebut diujikan pada UASBN,” terang Suradi.
Sebelumnya, telah dilaksanakan try out tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten. Suradi mengaku, tujuannya sama, yaitu untuk mempersiapkan siswa menghadapi UASBN. “Kita berusaha memperbanyak try out agar siswa tidak kesulitan dalam menjawab soal AUSBN nanti,” tambahnya.
Suradi menerangkan, try out kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Berkaca pada hasil try out sebelumnya, dia memperkirakan, siswa tidak akan terlalu sulit menghadapi UASBN.
Sebab, nilai try out yang diperoleh siswa menunjukkan hasil yang memuaskan. Hampir tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar. “Alhamdulillah bagus. Makanya, kami memprediksi, tidak akan kesulitan melaksanakan UASBN,” kata Suradi.
Suradi berharap, dengan pelaksanaan try out, siswa semakin siap menghadapi UASBN. Sehingga ketika ujian akhir yang seseungguhnya, mereka memperoleh nilai memuaskan. “Itulah yang diinginkan oleh pemerintah,” pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...