Search

Wakapolda  Pastikan Usai Pencoblosan Kamtibmas di Jatim Aman Terkendali

Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Toni Hermanto,  Jumat (26/4/2019)  meninjau langsung gudang  dan Kantor KPU Kabupaten Situbondo. (foto:fat)
Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Toni Hermanto, Jumat (26/4/2019) meninjau langsung gudang dan Kantor KPU Kabupaten Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Menjelang pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu ditingkat Kabupaten Situbondo, Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Toni Hermanto,  Jumat (26/4/2019)  meninjau langsung gudang  dan Kantor KPU Kabupaten Situbondo.

Dalam kunjungan ke Kantor KPU Kabupaten Situbondo, Wakapolda  didampingi  Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan, Kapolres AKBP Awan Hariono, Dandim 0823 Situbondo Letkol Ahmad Joni Tua, Murtapik  ketua Bawaslu Situbondo, dan Marwoto ketua KPU Kabupaten Situbondo.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Hermanto mengatakan, selain untuk mengecek langsung kesiapan petugas keamanan, menjelang pelaksanaan rekapitulasi ditingkat kabupaten Situbondo, namun kunjungannya ke Situbondo juga  untuk mengetahui secara langsung  situasi dan  kondisi di  Kabupaten  Situbondo,  paska pencoblosan pada 17 April lalu.

“Kami sengaja datang dengan Kasdam ke sejumlah daerah di Jatim,   untuk memastikan jika seluruh proses  tahapan Pemilu di sejumlah daerah di Jawa Timur   berjalan sesuai dengan tahapan. Sehingga proses tahapan Pemilu berlangsung aman dan lancar,”kata Wakapolda  Brigjen Pol Toni Hermanto, usai bertemu dengan ketua KPU Situbondo, Jumat (26/4/2019).

Menurutnya, paska pencoblosan pada 17 April lalu, situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtibmas) di Jatim   dalam kondisi terkendali,  meski di sejumlah daerah di Jatim  ada pemungutan suara ulang (PSU), termasuk   tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Situbondo, namun Kamtibmas secara umum tidak terganggu di Jatim.

“Untuk pengamanan PSU, kita tidak memerlukan pengamanan khusus. Pengamanan  PSU tiga TPS di Situbondo kita perlakukan sama,  seperti pada proses pencoblosan pada 17 April lalu,”imbuhnya.

Ketika disinggung mengenai pergerakan massa (people  power), Wakapolda Pol Toni Hermanto menyatakan, sudah mempersiapan langkah-langkah kontigensi.”Namun, kami optimis people power tersebut tidak akan terjadi di Indonesia,”pungkasnya.

Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan, jika di Situbondo ada  tiga TPS yang akan di PSU, karena  pada tiga  TPS tersebut ada pemilih dari  luar Situbondo,  yang mencoblos pada tiga TPS tersebut.

”Tiga TPS yang akan melakukan PSU Sabtu (27/4) besok. Masing-masing adalah, TPS 1 Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, TPS 22 dan TPS 25 Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo,”kata Marwoto.(fat)




Loading Facebook Comments ...