Search

Wanita Saudi Berduyun-duyun Belajar Menyopir Mobil Sendiri

perempuan saudi

Arab Saudi, reportasenews.com – Fatima Salem cekikikan dengan ragu ketika tiba saatnya membelokan mobilnya melalui tempat parkir kecil yang dibatasi marka kerucut oranye cerah dan anak panah.

Seperti jutaan wanita Saudi, dia berencana mengajukan permohonan SIM saat kerajaan Saudi mencabut larangan wanita menyopir sendirian di mobil pada bulan Juni tahun silam. Tapi pertama, dia harus belajar menyetir.

“Saya sedikit gugup,” kata mahasiswa master berusia 30 tahun itu.

Francesca Pardini, supir racecar Italia yang menjadi mentornya, membantu menenangkan dirinya, mengingatkan Fatima Salem untuk memeriksa spion. Begitu sampai di jalan, Pardini mengulurkan tangan untuk membantu meluruskan kemudi setelah belok kiri, dan mereka berdua melaju maju saat Salem menginjak rem sebelum tanda berhenti.

Keputusan kerajaan yang merupakan terobosan besar ini dikeluarkan tahun lalu oleh Raja Salman yang mengumumkan bahwa perempuan akan diijinkan membawa mobil sendiri pada 2018.

Putra dan pewaris raja berusia 32 tahun, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, telah mendorong sejumlah reformasi lainnya termasuk mengizinkan wanita memasuki stadion olahraga untuk menonton pertandingan olah raga, dibolehkan menonton konser musik dan menjanjikan menghidupkan kembali tontonan bioskop bulan ini setelah dilarang selama tiga dekade.

Reformasi tersebut bertujuan untuk memperbaiki citra Arab Saudi di luar negeri, menarik investor asing, meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja dan mendorong pengeluaran rumah tangga lokal karena harga minyak yang rendah memaksa kerajaan untuk melakukan langkah-langkah penghematan yang sensitif.

Di kampus Effat University di Jeddah, belasan mahasiswa muda Arab Saudi yang mengenakan jubah hitam panjang dan longgar menghabiskan waktu sore untuk belajar menyetir sendiri.

Universitas menyelenggarakan pelatihan minggu ini bagi siswa untuk berminat mempelajari dasar-dasar bagaimana mengoperasikan mobil. Bagi sebagian besar wanita muda, pelatihan selama satu jam, yang disponsori oleh Ford Motor, adalah pertama kalinya mereka duduk di kursi pengemudi.

Universitas khusus wanita di seluruh Arab Saudi diharapkan dapat menawarkan kursus mengemudi penuh buat wanita setelah peraturan dan pedoman dari pemerintah diumumkan.

“Saya merasa tidak pada tempatnya. Aku tidak pernah duduk di sisi stir mobil itu. Biasanya saya selalu duduk di belakang atau di sisi kanan, tapi rasanya enak. Anda merasa, seperti, memegang kendali,” kata Sara Ghouth, seorang mahasiswa baru berusia 18 tahun. “Saya ingin mengendarai mobil. Saya ingin mandiri. “

Perusahaan mobil melihat pencabutan larangan tersebut sebagai kesempatan untuk mempromosikan merk mereka dan meningkatkan penjualan di Arab Saudi, sebuah negara berpenduduk sekitar 20 juta penduduk dimana sekitar setengahnya adalah wanita.

Program ‘Driving for Life Ford’, sesi pertama yang berfokus pada keselamatan, telah diajarkan di seluruh dunia, termasuk untuk pembalap laki-laki di Arab Saudi, namun ini adalah pertama kalinya perusahaan tersebut mengajarkan kelompok perempuan saja, yang sebagian besar terdiri dari driver pertama kali.

“Wanita selalu ada di showroom kami, tapi sekarang wanita secara aktif berbelanja sendiri,” katanya. “Ini mobil yang bisa mereka kendarai dan bukan mobil yang akan mereka tumpangi.”

Amal al-Jihani, seorang mahasiswa arsitektur berusia 23 tahun, mengatakan bahwa pendukung terbesarnya yang mendorongnya untuk mengemudi adalah ayahnya, yang berjanji untuk memberinya salah satu mobil bekas keluarga saat dia siap ke jalan. Kakaknya yang berusia 16 tahun sudah menyetir.

“Ibuku menolak gagasan mengemudi kita. Dia bilang itu berbahaya dan dia akan membiarkan kita menyetir saat kita menikah,” kata al-Jihani sambil tertawa.

Joanna al-Fattani, seorang mahasiswa baru berusia 19 tahun, bergantung pada layanan taksi umum seperti Uber untuk pergi ke tempat lain. Untuk kuliah, dia memiliki dua sopir yang berbeda. Dia mengatakan bahwa banyak wanita merasa gugup dengan gagasan mengemudi di samping pria di jalan, tapi dia suka akan kebebasannya.

“Ini pengumuman penting. Semua orang membutuhkan ini. Sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukannya, “katanya.” Ini adalah pengumuman penting. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...