Search

Wapres JK: Rumah VOC Cimanggis Tak Digusur UIII

Rumah VOC di Cimanggis, Depok.
Rumah VOC di Cimanggis, Depok.

Jakarta, reportasenews.com–Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna melakukan rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Rapat yang digelar tertutup membahas pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Dalam rapat juga dibahas persoalan keberadaan rumah bersejarah peninggalan VOC yakni Rumah Cimanggis.

Turut hadir dalam rapat, Gubenur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher), Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Pradi membenarkan adanya rapat tersebut dan juga membahas keberadaan Rumah Cimanggis. “Rapat soal rencana pembangunan UIII di lahan RRI Depok,” kata Pradi.

Sebelumnya, Jusuf Kalla menyebut UIII akan mulai dibangun di awal 2018 dan diharapkan selesai pada 2019. Anggaran Rp 1,5 triliun dikucurkan untuk membangun institusi pendidikan ini.

Pembangunan universitas ini akan menggunakan APBN 2017 dan 2018. JK menargetkan, pada 2019, universitas ini dapat digunakan.

Rumah VOC

Kampus UIII rencananya dibangun di Depok atau tepatnya di bekas lahan RRI seluas 142,5 hektare. Di sekitar itu, ada Rumah Cimanggis peninggalan era VOC, abad ke-18.

Menurut JK, pada Senin (15/1), pembangunan UIII tidak mengambil wilayah rumah peninggalan Belanda tersebut. Lahan yang akan digunakan hanya berkisar 15 persen dari seluruh luas lahan.

“Tidak termasuk wilayah itu, artinya tidak termasuk yang dibangun, artinya yang mau dibangun. OKI kita membangun cuma 15 persen. Lahannya yang dipakai cuma 15 persen, paling tinggi 20 persen,” terang JK saat itu. (tat)




Loading Facebook Comments ...