Search

Waspada Sepatu Nike Palsu Asal Cina

Barang bukti sepatu merk palsu yang disita polisi
Barang bukti sepatu merk palsu yang disita polisi

JAKARTA, REORTASE  – Polisi menyita sekitar 5000 pasang sepatu sport merk terkenal palsu yang diimpor dari Cina. Sepatu ini diedarkan melalui jalur pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Sepatu-sepatu itu didapat polisi setelah menghentikan dua truk kontainer di Penjaringan, Jakarta Utara. Sebelumnya polisi membuntuti truk itu sejak keluar dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah.

“Kita amankan dua truk kontainer besar, yang akan mendistribusikan sepatu tersebut,” ujar Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP. Iman Setyawan, di Mapolda Metro Jaya Rabu (30/09).

Polisi kemudian menetapkan 4 orang sebagai tersangka. Diantaranya dari importir berinisial RK, seorang distributor berinisial DI dan SL, serta  pemilik toko yang menjual sepatu merk palsu, yakni FI dan GT.

Dalam rilisnya Iman mengatakan, pihaknya mengusut ini setelah menerima laporan dari pemegang merek Nike di Indonesia.

“Kalau menurut pelapor, kegiatan ini sudah berlangsung selama satu tahun,” kata Iman.

Iman menjelaskan, sepatu Nike palsu ini dibuat di Tiongkok. Seluruhnya dibuat semirip produk-produk aslinya. Bahkan ditempeli pula barcode merk produknya.

Untuk mencirikan produk asli dan abal-abal, Iman mengatakan, sepatu palsu tersebut tidak memiliki label barcode pada sepatunya. “Tapi justru dari barcode itulah ketahuan kalau Nike ini palsu,” ucap Iman.

Di Jakarta, sepatu bersimbol cek lis palsu ini didistribusikan ke pasar-pasar tradisional dan dijual dengan harga miring. Perbedaan harga produk asli dengan yang palsu, bisa lebih murah 30 persen hingga 50 persen.

Kuasa hukum pihak pemilik hak paten sepatu tersebut, Gregorius juga mengatakan, bahwa selama ini sepatu asli mereka hanya dijual di outlet resmi tertentu di beberapa pusat perbelanjaan selain di pasar tradisional. “Produk kami kebanyakan hanya dijual di outlet tertentu, bukan di pasar tradisional,” kata Greg.

Setiap bulan, importir sepatu merk palsu ini bjsa meraih keungtungan bersih mencapai Rp 120 juta.(Tam/Tjg)




Loading Facebook Comments ...