Search

Wisata Keluarga di Jakarta: Bunda, Kapan Terakhir Kali ke Monas?

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Foto: Antara/Wahyu Putro A

Jakarta, reportasenews.com – Selain menjadi ikon Ibukota, berfoto di Monas juga menjadi penanda bahwa seseorang pernah menginjakkan kaki di Jakarta. Tempat wisata di Ibukota memang semakin banyak, tetapi rasanya belum lengkap kalau belum main ke Monas ya, Bunda.

Coba ingat lagi, kapan Bunda mengajak anak-anak ke Monas dan naik sampai ke puncak menaranya. Nah, mumpung liburan tahun 2019 ini ada banyak, yuk cari info terbaru kereta Surabaya Jakarta dan berkunjung ke Monas dan beberapa tempat wisata lain yang keren dan murah meriah!

  1. Monas

Bukan tempat wisata baru di Ibukota, tetapi dari tahun ke tahun Monas selalu berbenah diri. Pasti ada yang baru dari Monumen Nasional kebanggaan Indonesia ini untuk dikunjungi. Tiket masuk ke Monas gratis, dan Bunda bisa mengajak anak-anak melihat indahnya Ibukota dari puncak menaranya.

Selain melihat pemandangan, Bunda juga bisa mengajak keluarga untuk belajar di Museum Sejarah Monas. Dengan biaya masuk kurang lebih Rp 5 ribu saja, berbagai pengetahuan tentang sejarah Monas bisa didapatkan di sini.

  1. Perpustakaan Nasional Indonesia

Baru selesai dibangun, Perpustakaan Nasional Indonesia nggak hanya memiliki bangunan yang indah. Bunda dan keluarga juga bisa banyak belajar dari buku-buku yang tersimpan di sini. Tiket masuknya gratis, siapa saja bisa belajar di Perpustakaan Nasional Indonesia sampai puas.

  1. Museum Nasional

Nggak jauh dari Monas, ada Museum Nasional Republik Indonesia atau yang juga dikenal sebagai Museum Gajah. Ini adalah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara, dengan koleksi pengetahuan tentang arkeologi, geografi, keramik, prasejarah, numesmatik & heladrik, sejarah dan etnografi yang super fun!

Museum Nasional memiliki dua gedung, Gedung A yang diberi nama Gedung Gajah digunakan untuk ruang pamer serta penyimpanan koleksi. Sedangkan untuk Gedung B yang dinamai Gedung Arca selain digunakan untuk pameran juga digunakan untuk kantor, laboratorium, ruang konferensi dan perpustakaan

Cukup dengan tiket Rp 5 ribu saja, Bunda sudah bisa keliling ke museum kebanggaan Indonesia ini, lho.  Oh ya, Karena Museum Nasional masuk dalam daftar museum yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka untuk Kegiatan Penelitian, Tamu Negara, Penyandang Disabilitas, Yatim Piatu, Dan Lanjut Usia gratis masuk museum!

  1. Museum Bank Indonesia

Belajar tentang sejarah Bank Indonesia, mengapa didirikan dan melihat secara langsung benda-benda sejarah dari bank ini, bisa dilakukan di Museum Bank Indonesia. Berlokasi di Jl. Jembatan Bau/Pintu Besar No.3, Tamansari, Pinangsia, Museum ini adalah salah satu kunjungan wajib jika berlibur di Jakarta. Tiketnya murah meriah, Rp 5 ribu saja per orang.

  1. Museum Bank Mandiri

Selain Museum BI, Bunda juga bisa mengajak anak-anak belajar tentang sejarah perbankan di Museum Bank Mandiri. Sejak dibuka pada tahun 1998 lalu, Museum Bank Mandiri adalah salah satu cagar budaya di Kota Tua, Jakarta yang kelestarian bangunannya dilindungi oleh Pemerintah DKI. Tiket masuknya murah meriah, hanya Rp 5 ribu per orang. Isi museumnya pun asyik, mulai dari mesin penghitung uang logam yang antik, hingga mesin ATM tua yang bisa menambah pengetahuan baru untuk anak-anak dan keluarga.

  1. Kota Tua Jakarta

Sudah ke Museum, jangan lupa mampir Kota Tua Jakarta yang juga punya banyak tempat menarik. Bangunan-bangunan yang dijaga kelestariannya oleh pemerintah ada di sini. Aneka tempat wisata kuliner dan spot foto menarik juga bisa ditemukan di Kota Tua. Jalan-jalannya, gratis! Tinggal siapkan dana untuk jajan saja jika liburan ke sini.

  1. Area Wisata Kalijodo

Pernah menjadi kawasan hitam, kini Kalijodo menjadi area wisata yang seru dan murah meriah. Jangan hanya lihat keindahannya dari layar kaca, yuk main langsung ke area wisata Kalijodo yang sekarang jadi kebanggaan Jakarta.

Setelah dapat tiket dari info terbaru kereta Surabaya Jakarta, sekarang saatnya menentukan moda transportasi dari stasiun menuju tempat-tempat di atas. Selain taksi dan angkutan online, pilihan terbaik untuk keliling Jakarta adalah dengan TransJakarta. Bunda juga bisa naik bus pariwisata Jakarta yang disediakan secara gratis oleh Pemda DKI.

Kunjungi Ibukota ketika musim kemarau tiba. Karena ketika musim penghujan, banjir dan macet akan jadi pemandangan yang tak terelakkan. Banyak waktu liburan di tahun 2019 yang bisa dipilih untuk ke Jakarta. Namun sebaiknya pilih waktu antara Mei hingga awal September untuk liburan yang lebih nyaman di Jakarta.

Cari info terbaru kereta Surabaya Jakarta sekarang, dan selamat liburan di Ibukota! (*)




Loading Facebook Comments ...