Search

Wisata Kuliner Baru: Food Truck Diijinkan Beroprasi di Hongkong

Menjual makanan didalam truk makanan akan segera ada di Hongkong/ AFoodieworld
Menjual makanan didalam truk makanan akan segera ada di Hongkong/ AFoodieworld

Hongkong, reportasenews.com: Setelah sekian lama tertunda perijinannya, akhirnya bisnis kuliner “food truck” diijinkan beroprasi di Hongkong. Wisata kuliner akan bertambah dengan adanya sajian panganan enak di food truck.

Ini skema dua tahun, diumumkan oleh mantan Menteri Keuangan John Tsang Chun-wah pada tahun 2015. tersedia 16 truk makanan akan diizinkan untuk beroperasi di delapan kabupaten wisata sebagai cara untuk diversifikasi industri pariwisata kota, yang telah terlalu banyak mengandalkan pada pembeli dari daratan.

Tsang mengatakan ide itu terinspirasi oleh film Hollywood yang merasa frustrasi dengan bisnis restoran permanen yang akhirnya menemukan sukses dengan usaha truk makanan.

Bagaimana truk makanan yang dipilih?
Sebanyak 192 aplikasi yang diterima, dan 51 tetap setelah seleksi tahap pertama pada proposal bisnis mereka. Mereka kemudian memamerkan masakan unggulan mereka pada kontes penilaian masakan, dan bagian atas 16 terpilih oleh panel juri yang terdiri dari praktisi industri pariwisata, gastronomes dan pejabat pemerintah.

Di mana saya bisa menemukan mereka?
Mereka akan dipentaskan di delapan lokasi secara rotasi: Golden Bauhinia Square Wan Chai; Salisbury Garden and Art Square Tsim Sha Tsui; yang Harbourfront Tengah; Taman laut; Hong Kong Disneyland, yang Harbourfront Energizing Kowloon Timur; dan alun-alun sebelah Wong Tai Sin Temple.

Apa yang mereka akan menawarkan?
Delapan akan menawarkan masakan Cina, empat akan melayani menu pilihan Eropa, dan lain-lain akan memikat pelanggan dengan berbagai menu internasional.

Kategori Cina:
1. tulang babi lembut dengan nasi lobak
2. Kering kerang dengan perut ikan sup
3. Nanas bun dengan krim segar
4. roti besar ayam Cina dikukus
5. arang sandwich Bambu dengan jamon ham dan telur goreng
6. Maureen Lo Mein
7. pangsit Lima berwarna
8. Sakura udang saus umami nasi goreng

Kategori Barat:
9. BBQ pork burger
10. “The Spaniard” panggang keju
11. New bergaya kepulan telur dan mangga jeruk Bali sagu dengan jelly herbal hidangan penutup cup
12. The Notorious P.I.G. (Lambat-dimasak sandwich babi bahu)

Kategori internasional:
13. gaya Amerika BBQ dikukus bun
14. cumi super panggang
15. Naga Eye (Signature buah naga mangkuk)
16. “Victoria Peak” (BBQ pork cru-Batta-Wich)

Mengapa skema food truck dianggap kontroversial?

1. Biaya tinggi
Pemerintah awalnya diperkirakan setidaknya HK $ 600.000 akan diperlukan untuk menginstal sebuah truk makanan yang akan memenuhi persyaratan. Artinya ini sebuah harga yang “tak terjangkau”, menurut banyak usaha micro menengah.
Hal ini menyebabkan kritik bahwa proyek ini akan didominasi oleh kelompok bisnis kuat, dan kritikus mengatakan bisa dengan mudah menjadi saluran promosi untuk membentuk rantai restoran. Pemerintah kemudian memutuskan untuk memberikan poin bonus tambahan untuk start-up dan usaha mikro dalam proses seleksi, yang akhirnya memungkinkan tujuh usaha kecil untuk mendapatkan kesempatan ikut serta.

Food Truck di Amerika:

2. Peraturan dan ijin sangat sulit
Sudah hampir dua tahun sejak skema itu diumumkan. Banyak operator mengeluh pembatasan yang ditetapkan oleh pemerintah dan instruksi yang sulit untuk diikuti. Beberapa lisensi dari departemen yang berbeda diperlukan untuk menjalankan sebuah truk makanan, termasuk STNK, izin kendaraan dan izin pabrik makanan. Operator juga harus menandatangani perjanjian dengan tempat di mana truk beroperasi.

3. Panggilan untuk otentik makanan jalanan
Sementara pemerintah mendapat ide dengan melihat naiknya pariwisata dengan truk makanan di Hollywood, pedagang kaki lima yang menjual makanan ringan lokal yang murah dari warung masih tidak bisa mendapatkan izin dari pihak berwenang, faktor inilah yang diduga di balik kerusuhan Mong Kok selama Tahun Baru Imlek pada tahun 2016 akibat persaingan (HSG/ South China Morning Post)




Loading Facebook Comments ...