Search

Busan Korea Selatan Memiliki Daya Tarik Yang Tak Kalah Dengan Seoul.

Keindahan dan kebersihan  Busan Haeundae Beach menjadi daya pikat wisatawan manca negara, termasuk wisatawan dari Indonesia (foto : Julia Jeong)
Keindahan dan kebersihan Busan Haeundae Beach menjadi daya pikat wisatawan manca negara, termasuk wisatawan dari Indonesia (foto : Julia Jeong)
Busan, reportasenews-Busan mungkin bukan tujuan wisata populer yang ada dalam itinerary agen-agen perjalanan wisata di Indonesia. Ternyata Busan memiliki daya tarik tersendiri yang tak kalah dengan Seoul.
Untuk sampai ke Busan, jika perjalanan dimulai dari Seoul, kita bisa menempuhnya melalui jalan darat dan udara.  Kalau melalui darat ada dua pilihan moda transportasinya, pertama menggunakan bus dan yang kedua menumpang kereta cepat. Jika pilihan kita ingat cepat sampai tujuan, paling tepat melalui udara dengan pesawat.
Jika kita menggunakan pesawat hanya butuh waktu kurang lebih satu jam. Dari Bandara Gimpo ke Busan. Kalau pilihan kita naik kereta cepat bisa menghabiskan waktu sekitar 3 jam, sementara dengan bus butuh waktu sekitar 6 jam.

Dari ke tiga moda transportasi ini, pilihan yang efisien adalah dengan bus, karena tarifnya paling murah dibanding kereta cepat dan pesawat.  Tapi fasilitas busnya tidak murahan lho.

Bus yang mengantar kita ke Busan, semuanya memiliki kenyamanan bagi penumpangnya.  Fasilitas di dalam bus sangat lapang. Barisan pertama kursi hanya untuk 2 orang dan barisan kursi kedua hanya untuk 1 orang saja. Jarak antara tempat duduk juga cukup luas, membuat kaki kita bisa leluasa menjuntai di lantai. Selain itu pendingin ruangan sangat nyaman serta wifi gratis.

Setiba di Kota Busan, hal pertama yang dapat dirasakan adalah  memiliki sistem metro atau bus menggunakan T-money seperti layaknya di Seoul.  Kartu transportasi atau T-money yang digunakan di Busan dapat juga digunakan di Seoul. Jadi jangan lupa isi pulsa T-money secukupnya ya..

Busan adalah kota tepi laut. Di kota ini terdapat banyak tempat wisata menarik. Di antaranya wisata pantai. Pantai-pantai di Busan menyuguhkan pemandangan indah dengan pantainya yang bersih.

Taman Busan Air Cruise untuk naik kereta gantung di atas laut dan  Songdo Beach (foto : Julia Jeong)

Taman Busan Air Cruise  (foto atas) untuk naik kereta gantung di atas laut dan (foto bawah)  Songdo Beach (foto-foto : Julia Jeong)

“Tapi yang sempat saya kunjungi hanya 3 pantai saja. Yaitu Pantai Gwangalli, Pantai Songdo dan the famous Haeundae Beach.”

Menuju Pantai Gwangalli sangat mudah. Kalau naik subway atau metro, turunlah di stasiun Gwangalli. Dari situ ikuti petunjuk kemana pintu keluar yang menuju pantai Gwangalli. Dari pintu keluar, anda jalan kaki sekitar 600 meter menuju pantai. Di ujung jalan ada pertigaan yang di seberangnya adalah pantai Gwangalli. Jadi tinggal nyebrang, sampai deh..

Begitu sampai, saya terkagum dengan kebersihan pantainya. Pasir putih kecoklatan tanpa noda. Jangankan sampah, abu rokok juga tidak ada. Karena pantai ini merupakan kawasan dilarang merokok. Wah… Jadi benar-benar bisa menikmati udara pantai.

Jangan membayangkan orang-orang bermain pasir dan mandi di pantai seperti umumnya yang orang-orang lakukan di masyarakat kita. Disana orang-orang hanya duduk-duduk, berfoto, jalan-jalan bersama anjingnya, bermain bersama anak kecil, atau hanya duduk menikmati tingkah polah pengunjung pantai sambil mendengarkan lagu-lagu korea yang dibawakan pengamen jalanan.

Nah pengamennya di sini jangan anda bayangin serupa dengan pengamen pada umumnya di Indonesia ya. Mereka berpenampilan rapi  dengan alat musik dan sound system mini. Mendengar pengamen ini bernyanyi seperti konser kecil gitu deh. Ada beberapa pengamen jalanan yang tersebar di sepanjang pinggiran pantai.

Keistimewaan pantai ini adalah, dari kejauhan kita bisa melihat Gwangan Bridge yang megah. Saya bersyukur bisa melewati jembatan itu bolak balik. Selain Gwangan Bridge, kita juga bisa menikmati gedung-gedung pencakar langit kota Busan. Sungguh suatu pemandangan yang unik. Kalau lapar, anda tinggal menyeberang jalan. Disana banyak kafe, restoran dan pertokoan.

Pantai berikutnya yang saya datangi adalah Songdo Beach. Sebenarnya datang kesini bukan hanya ingin menikmati pantainya, tapi ingin berjalan-jalan di Songdo Skywalk dan naik cable car atau kereta gantung melihat dari ketinggian keindahan pantai Songdo.

Tujuan pertama ke Busan Air Cruise untuk naik kereta gantung di atas laut. Tiketnya sekitar 200 ribuan rupiah untuk perjalanan pergi pulang. Ada 2 jenis kereta gantung. Pertama kereta biasa seperti yang kita temui pada umumnya, yang jenis kedua juga sama sih, tapi lantainya terbuat dari kaca! Yang takut ketinggian tidak disarankan menggunakan kereta berlantai kaca ini. Tentu saja kereta ini juga harganya lebih mahal dari jenis yang satunya.

Saya takut ketinggian, tapi saya mencoba kereta gantung berlantai kaca itu. Haha.. Nekad ceritanya. Hari itu ramai sekali pengunjungnya. Dan saya harus antri 500 orang lagi! What? 500?? Ya.. Pengunjung hari itu sudah mencapai hampir 5000 orang. Trus ngapain dong sambil nunggu 500 orang? Tenang.. Di belakang ada sebuah taman yang sejuk, asri, indah, dan nyaman untuk menunggu. Anda bisa selfie, jalan-jalan, atau duduk-duduk manis sambil melihat pemandangan laut dan pantai Songdo. Jangan takut kelewat nomer antrian, tengok aja gerbang keluar tadi. Ada papan nomor yang mengingormasikan sudah antrian ke berapa saat itu.  Dan… Antrian 500 orang itu ternyata ngga terlalu lama kok.. Kurang dari 1 jam, giliran saya udah tiba.

Deg-degan menaiki kereta gantung itu. Ya karena lantainya kaca. Duh.. Kenapa tadi pesen yang kaca? Duduk jadi kaku ga bisa liat kiri kanan apalagi bawah. Tapi ketakutan itu segera hilang, karena saya menguatkan diri untuk berani.

Selesai naik kereta gantung, masih ada lagi yang ingin saya coba di Songdo Beach ini. Berjalan-jalan di Songdo Skywalk. Dari tempat naik kereta gantung tadi, jalan saja ke arah pantai. Langsung terlihat skywalknya. Masuknya gratis…

Jadi ini semacam jembatan di pantai menuju laut. Di sebagian jembatannya dipasang kaca. Tapi ternyata hanya sebagian kecil saja. Tidak terlalu menakutkan. Disini pemandangannya juga indah.

Satu lagi pantai yang saya kunjungi, Haeundae Beach. Inilah pantai yang paling terkenal di Busan. Disini anda bisa melihat pemandangan pantai yang cantik berpadu dengan penampakan gedung-gedung pencakar langit Busan yang terlihat lebih dekat daripada di Gwangalli beach. Wow..! Cuma itu kesan saya melihat pemandangan tersebut. Di musim panas, banyak orang berenang di pantai ini. Inilah pantai yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Kalau anda tak suka pantai yang ramai, hindari pantai ini. Tapi setidaknya mampirlah untuk melihat pemandangannya. (Julia Jeong)




Loading Facebook Comments ...