Search

Wisata Pendakian Gn. Prau Mulai Dibuka 5 April

Gunung Prau Dieng Wonosobo : foto istimewa

Dieng, reportasenews. Com- Hingga awal April 2017 ini, lokasi pendakian Gn. Prau, Kabupaten Wonosobo, Jateng, masih belum dibuka untuk kegiatan wisata.

Curah hujan tinggi dan perbaikan ekosistim reguler, menjadi pertimbangan utama. Namun sejumlah pendaki gunung sudah mulai berdatangan ke kaki gunung.

Dian Permatasari, cewek Pendaki gunung asal Bandung, sengaja tetap datang ke Gn. Prau menunggu jalur pendakian dibuka resmi.

“Informasi dari Bu Ndut lokasi ini dibuka mulai tanggal 5 April, jadi nanti malam kami sudah mulai bisa naik ke gunung,” tutur Dian, sebelum mendaki bersama Tim Next Trip RN, di Dieng, Selasa (4/4).

Cewek mungil yang hobi naik gunung ini menyebutkan, Gunung Prau memiliki panorama pemandangan terindah di Pulau Jawa.

Ia ingin berkesempatan untuk mendaki dan menikmati keindahan sunrise dan sunset di dataran tinggi Dieng yaitu Gunung Prau, Wonosobo Jawa Tengah.

“Mumpung masih belum ramai dengan pendaki lainnya, saya kesini duluan supaya dapat foto yang bagus, “tukas Dian.

Gunung Prau adalah sebuah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah, merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Ketinggian Gunung Prau ini sendiri adalah 2.565mdpl. Walaupun tergolong gunung pendek dan tidak memiliki kawah, Gunung Prau ini mempunyai keindahan alam yang sangat indah.

Puncak Gunung Prau merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai di puncak dan di Gunung Prau.

Jalur pendakian populer yang biasa dipilih para pendaki melewati jalur Patek Banteng, yang lebih dekat dan mudah dilalui.

Berikut hal yang harus diperhatikan dalam mendaki Gunung Prau :

Suhu udara Gunung Prau bisa sampai 0 derajat celcius di musim kemarau.
Tidak ada sumber air selama pendakian. Pendaki diwajibkan membawa air yang cukup selama pendakian.

Gunung prau sering tutup pendakian, ketahui dulu lewat internet sebelum mendaki dianjurkan membawa jaket, sarung tangan atau sleeping bag yang sangat tebal, karena cuaca disana sangat dingin.

Memakai masker selama pendakian, dikarenakan jalur mendaki prau yang sangat berdebu. (tat)

Tim pendaki reportasenews.com di kaki Gunung Prau




Loading Facebook Comments ...