Search

‘Yeah Yeah Yeahs’ Band Amerika Yang Cinta Indonesia

Yeah_Yeah_Yeahs-01

Jakarta, reportasenews.com – Pernahkah kalian terbayang ada stiker “I LOVE INDONESIA” dan “50 TAHUN” dengan stiker bendera Merah Putih pada gitar sang gitaris band – band Indonesia? Mungkin hal itu wajar. Namun jika hal itu ada pada gitar sang gitaris band Amerika akan menjadi suatu hal yang menarik.

Sungguh nyata yang terjadi pada gitar sang gitaris Yeah Yeah Yeahs, Nick Zinner.

Yeah Yeah Yeahs (YYY) yang merupakan band indie rock Amerika yang terbentuk di New York City pada tahun 2000. Band yang diisi oleh vokalis dan pianis Karen O, Nick Zinner (Gitar, Keyboard) dan Brian Chase (Drum), memiliki warna musik tersendiri di kancah musik dunia.

Bicara sejarah band, telah meluncurkan delapan album yang pertama pada 2001, album ‘Machine’ pada 2002, lalu album ‘Fever To Tell’ yang dirilis pada tahun 2003. Selanjutnya, ada album ‘Tell Me What Rockers To Swallow’ pada 2004, ‘Show Your Bones’ dirilis pada tahun 2006 dan menjadi album terbaik oleh NME. Album studio selanjutnya mereka, ‘It’s Blitz’ dirilis pada tanggal 31 Maret 2009 untuk Amerika Serikat dan pada tanggal 6 April 2009 di seluruh dunia.

Sang vokalis Karen O dan Brian Chase (drummer) merupakan mahasiswa di Oberlin College, Ohio pada akhir 90-an. Chase adalah seorang mahasiswa yang tertarik dengan musik jazz di konservatori. Namun pada saat itu, Karen kemudian pindah ke New York University. Dan di New York, Karen bertemu Nick Zinner di salah satu bar lokal, di mana mereka membentuk sebuah band. Selama waktu itu mereka juga tinggal bersama di apartemen di Manhattan dan membentuk band ‘Metric’ (cikal bakal YYY).

Mereka mengusung aliran garasi punk. Pada tahun 2001, Yeah Yeah Yeahs merilis debut self titled EP, yang mereka rekam dengan Boss Hog’s Jerry Teel, pada label mereka sendiri. Awal tahun berikutnya band ini melangkah menjadi sorotan internasional, muncul di Amerika bagian selatan dengan tur AS bersama ‘Girls Against Boys’ dan dari Eropa dengan ‘Jon Spencer Blues Explosion’. Dalam naungan Wichita Records album mereka didistribusikan

Gitar Nick Dengan Stiker Merah Putih dan Indonesia

Band yang memiliki hits antara lain; Art Star, Zero, Date With The Night, Maps, dan lainnya, memiliki rasa tersendiri bagi penikmat Yeah Yeah Yeahs.

Nick Zinner, gitaris Yeah Yeah Yeahs, dengan gitar berstiker Indonesia. (Ist)

Nick Zinner, gitaris Yeah Yeah Yeahs, dengan gitar berstiker Indonesia. (Ist)

Perlu diketahui, mungkin kita dan giatris – gitaris Indonesia malu dengan gitarnya. Bukan karena harga tak terjangkau, atau karena desain yang menarik melainkan sebuah gitar Strato Jepang warna hitam dengan pickguard berwarna putih yang ditempelkan sebuah stiker yg cukup besar bergambar ‘Bendera Indonesia’ dengan Tulisan “50 tahun” dan sebuah stiker kecil bertuliskan “I Love Indonesia“. Bayangkan, seorang gitaris dari Amerika seperti Nicholas Joseph Zinner atau yang lebih akrab disapa Nick Zinner saja bangga memasang stiker dan lambang Bendera Indonesia, bagaimana dengan para gitaris kita?

Lantas, bagaimana seorang Nick mau memasang stiker tentang Indonesia tersebut. Setelah melalui wawancara kepada reportasenews.com melalui akun Instagram resmi miliknya @little_vampire Nick membenarkan ketertarikannya terhadap Indonesia.

“I truly feel Indonesia is one of the most amazing places in the world, and even though politically its pretty fucked up, the culture and people are really inspiring, ” tulisnya.

Nick Zinner, gitaris Yeah Yeah Yeahs, dengan gitar berstiker Indonesia. (Ist)

Nick Zinner, gitaris Yeah Yeah Yeahs, dengan gitar berstiker Indonesia. (Ist)

Maksud gitaris YYY tersebut adalah, “Saya benar-benar merasa Indonesia adalah salah satu tempat paling menakjubkan di dunia, dan meskipun politik yang sangat kacau, budaya dan orang-orangnya yang benar-benar inspiratif,” ujar Nick kepada reportasenews.com, beberapa waktu lalu.

Kecintaan dan ketertarikan dengan Indonesia tidak hanya Nick tuangkan pada gitarnya. Bahkan beberapa foto hasil jepretannya di akun Instagramnya, memperlihatkan kekaguman pada masyarakat Indonesia.

Diantara yang menjadi sorotan Nick, soal kepadatan dan kemacetan di Jakarta. Nick juga mengaku beberapa kali mengunjungi Jakarta dan Bali.

Screenshot_2017-12-17-00-10-57-01

Koleksi foto Nick Zinner. (Instagram)

Koleksi foto Nick Zinner. (Instagram)

“Ya, saya sering ke Jakarta dan Bali,” imbuh pria kelahiran 8 Desember 1974 tersebut.

Yeah Yeah Yeahs pernah melakukan tur konser ke Indonesia pada Februari 2013. Disinggung soal rencana kapan akan kembali konser di Indonesia, Nick mengaku belum memiliki rencana kembali.

“Mungkin lain waktu (kembali konser ke Indonesia),” pungkasnya. (Tama)

 




Loading Facebook Comments ...