Search

Zaman Now, Masih Ada Tukang Urut Bayi Di DKI Jakarta

Ahli urut bayi masih dicari warga Jakarta
Ahli urut bayi masih dicari warga Jakarta

Jakarta,  reportasenews.com – Ternyata, kids zaman now masih ada  yang diurut pake jasa  tukang urut baheula. Pada hal, umumnya orang tua kids zaman now itu enggan membawa anaknya ke tukang urut tradisional.  Berbagai alesan teroritis dan ilmiah sering kali mereka utarakan untuk menolak keahlian tukang urut bayi tradisional ini. Orang tua zaman now lebih percaya membawa bayinya ke baby spa.

Namun,  setelah bayinya rewel karena susah makan, susah  tidur dan sering menangis malam hari, membuat orang tua modern terpaksa membawa anaknya ke ahli urut bayi tradisional.

IMG-20180121-WA0020

Dibeberapa wilayah DKI Jakarta masih ada tersisa para ahli urut bayi tradisioanal,  diantaranya di kawasan Kayu Manis,  Jakarta Timur. Di sini ada nama legendaris mbah Dasimah, yang kini berusia 76 tahun.

Lewat sentuhan jemari tuanya,  mbah Dasimah mengurut,  mengusap dan menyapu rambut bayi. Sesekali ia membalur minyak khusus bayi ke sekujur tubuh pasiennya.  Tampak pancaran kasih dalam setiap sentuhannya.

“Embah biasanya ngebenerin jalannya darah,  supaya lancar.  Trus benerin juga otot bayi yang pada pegel akibat salah gendong,” ujar mbah Dasima.

Mbah Dasimah sudah melakoni profesinya selama 32 tahun. Selain praktek di rumahnya di Jalan Kayu Manis 6, mbah Dasimah mau juga diajak ke rumah pasiennya.  Cuma untuk layanan panggil ini,  konsumen harus menjemput mbah dan mengantarnya kembali.

Biasanya bayi yang diurut mbah Dasimah, langsung mau makan,  mudah tidur dan tidak lagi menangis karena terbangun dimalam hari.

Selama memberikan jasanya,  mbah Dasimah tidak pernah menentukan tarif.  Ia selalu tersenyum dan ikhlas menerima berapa saja yang diberi oleh konsumennya.  Semoga mbah Dasimah sehat selalu,  karena masih banyak kids zaman now yang butuh keahlian urut mbah. (naskah dan foto: joko dolok)




Loading Facebook Comments ...