Menu

Mode Gelap

Daerah · 30 Nov 2023 13:49 WIB ·

12 Ruko di Kubu Raya Terbakar Hebat, Polisi Masih Menyelidiki Penyebab Kebakaran


					12 Ruko di Kubu Raya Terbakar Hebat, Polisi Masih Menyelidiki Penyebab Kebakaran Perbesar

Kebakaran hebat menimpa deretan pertokoan di Jalan Adi Sucipto KM 9 Kamis (30/11/2023) jelang dini hari. (foto Humas Polres Kubu Raya).

 

Kubu Raya, reportasenews.com – Kebakaran hebat terjadi di deretan pertokoan di Jalan Adi Sucipto KM 9,4, Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 00.09 WIB.

Sedikitnya 12 ruko terbakar dalam peristiwa ini dan tidak ada korban jiwa maupun luka. Saat ini, Polres Kubu Raya masih melakukan penyelidikan mendalam sebab terbakarnya 11 ruko dua lantai yang berada di Jalan Adisucipto di RT.004 RW.007, Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Peristiwa terbakarnya 12 ruko dua lantai dengan luas bangunan 4 Meter x 24 Meter, yang merupakan bangunan permanen sempat menghebohkan warga.

Kobaran api dengan cepat membesar dan sulit dipadamkan karena sekitar lokasi kejadian sulit sumber air untuk pemadaman. Terlebih parit yang berada di depan ruko tercemar oli bekas yang membuat mesin pompa pemadam kebakaran sulit untuk menyedot air.

Belasan unit mobil pemadam kebakaran terus berdatangan dari Pontianak maupun Kabupaten Kubu Raya. Setelah lebih dari dua jam berjibaku, kobaran api mulai berhasil dipadamkan.

Pendinginan lokasi kebakaran terus dilakukan oleh Damkar Swasta gabungan hingga siang hari ini.

Sementara saat dikonfirmasi, Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade membenarkan peristiwa tersebut.

Ade mengatakan hingga saat ini Tim Inafis Sat Reskrim Polres Kubu Raya bersama Polsek Sungai Raya masih melakukan penyelidikan sebab ruko tersebut terbakar.

“Dari pemeriksaan para saksi-saksi di TKP, informasi yang kami dapatkan awal mula asap tebal yang keluar dari atap ruko Raja Karpet, hal itu diketahui awal oleh saksi berinisial AN yang tinggal di sebelah ruko Raja Karpet. Kemudian AN langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran, “ungkap Ade.

Ade menceritakan, petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi, AN bersama warga setempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, akan tetapi api semakin membesar dan merambat ke ruko di sebelah kanan dan kirinya.

“Tidak lama kemudian Damkar Mandiri dan Damkar Bhakti Suci tiba di lokasi dan langsung berupaya memadamkan api dan di bantu oleh 24 pemadam kebakaran dari Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak beserta petugas Kepolisian Polres Kubu Raya dan Polsek Sungai Raya, diketahui Ruko Raja karpet ini adalah gudang penyimpanan karpet, spring bed, dimana barang-barang tersebut sangat mudah terbakar sehingga menyebabkan api mudah membesar,”terang Ade.

Sekitar Pukul 03.00 WIB kobaran api di ruko No 1,2,3,4,5, dan 6 berhasil di padamkan. Namun Ruko No. 7,8,9,10, 11 dan 12 sulit dipadamkan, mengingat ruko No. 7 dan 8 sebagai Gudang penyimpanan elektronik dan Oli.

“Kobaran api dapat dipadamkan pada pukul 06.30 WIB atas kerjasama 26 pemadam kebakaran gabungan Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak, selanjutnya pemadam kebakaran melakukan pendinginan keseluruhan lokasi 12 Ruko yang terbakar sampai petugas meyakini tidak adanya kepulan asap yang akan menimbulkan api kembali. Sampai saat ini kami belum menerima informasi adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan berapa jumlah kerugian secara materil ,”jelas Ade.

“Kami dari Polres Kubu Raya dalam hal ini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab sumber api yang menyebabkan terbakarnya 12 Ruko dua lantai di Jalan Adisucipto KM. 9,4 Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya tersebut,”tutup Ade. (das)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Rumah Kakak Beradik di Situbondo Rusak Berat

14 Juli 2024 - 21:18 WIB

DuaGudang Terbakar di Situbondo, Kerugian Materi Mencapai 45 juta

14 Juli 2024 - 21:14 WIB

Ae Mutu Air Tiga Rasa, Nikmati Keindahan Alam dan Budaya di Gunung Kelimutu

14 Juli 2024 - 21:08 WIB

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Trending di Daerah