Search

20 ABK KM Bukit Raya jalani Pemeriksaan PCR di atas Kapal

Salah satu ABK KM Bukit Raya saat menjalani pemeriksaan PCR. (Foto. das)

Pontianak, reportasenews.com – Sebanyak 20 anak buah kapal beserta kapten kapal, KM Bukit Raya yang baru bersandar di Pelabuhan Dwikora, Pontianak dari berlayar, Rabu (17/2/2021) menjalani pemeriksaan swab tes atau PCR sesuai protokol kesehatan Satgas Covid 19 Kalimantan Barat.

“Jadi hari ini seperti biasa kita lakukan pemeriksaan penumpang dari kapal laut dari pulau Jawa maupun dari daerah lain secara sampel kita periksa 50 orang, dibagi 30 orang penumpang dan 20 orang ABK KM Bukit Raya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson.

“Secara rutin ABK kapal ini sudah melakukan rapid test, tapi Satgas Covid 19 Kalbar ingin memastikan ada atau tidaknya virus Covid 19 sehingga dilakukan kembali pemeriksaan PCR,” tambahnya.

Harisson menjelaskan, yang kita lakukan ini test PCR, dan itu lebih akurat. Yang kita kuatirkan kalo mereka nanti hasilnya positif, karena mereka melakukan pelayanan kepada para penumpang, karena dikuatirkan nanti menularkan kepada penumpang.

“Sejauh ini hasil pemeriksaan test penumpang kapal laut yang datang dari Pulau Jawa itu, ada sekitar 5 sampai 10 persen itu positif Covid 19,” ungkapnya.

Namun memang nilai CT nya tinggi namun viral loadnya rendah.

“Jadi kita beritahukan kepada penumpang bahwa mereka yang positif hasil test PCR nya harus melakukan isolasi mandiri,” ucapnya.

Untuk pihak Pelabuhan Dwikora dan awak Kapal harus benar benar melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin karena diantara penumpang ini ternyata ada yang positif Covid 19

“Kita akan memberitahukan kepada Pelni atau pimpinannya agar dapat mengatu. Jika ada positif, mereka tidak boleh melakukan perjalanan,” tegasnya 

“Jika awak Kapal hasil test PCR nya positif maka akan diserahkan kepada pihak Pelni karena keberadaan mereka tidak selalu ada di wilayah Kalbar,” tambahnya lagi 

“Kami dari pihak kapal mendukung saja, karena tujuannya ini untuk memutuskan mata rantai penularan Covid 19. Kami berterima kasih karena selalu ada pengecekan dan kami ingin pandemi ini segera berlalu,” kata kapten Kapal KM. Bukit Raya, R. Obednego

R. Obednego mengatakan untuk saat ini pemeriksaan PCR ini adalah pertama kalinya sesuai kebijakan pemerintah provinsi Kalbar. Tapi dari pihaknya setiap pelabuhan akhir selalu melaksanakan tes PCR secara mandiri. Penumpang mendukung diadakannya tes swab secara gratis.

“Bagus seperti ini, karena untuk memastikan diri kita tertular virus Corona atau tidak. Udah sering mengikuti tes seperti ini,” tutup penumpang Km Bukit Raya, Mayasari. (das)




Loading Facebook Comments ...