Menu

Mode Gelap

Daerah · 2 Jun 2024 16:06 WIB ·

4 Parpol Dukung Nalim Maju Pilbup Merangin


					Empat partai politik (parpol) memberikan lampu hijau kepada H Nalim maju mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Merangin Jambi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Perbesar

Empat partai politik (parpol) memberikan lampu hijau kepada H Nalim maju mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Merangin Jambi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Jambi, reportasenews.com – Sejumlah partai politik (parpol) memberikan lampu hijau kepada H Nalim maju mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Merangin Jambi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Hingga Minggu (2/6/2024) ini, parpol yang berpotensi merekomendasikan Nalim sebagai calon Bupati Merangin, yaitu NasDem, PAN, PKS dan PKN.

Jika melihat perolehan kursi di pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Merangin 2024, maka PAN mendapatkan 5 kursi, NasDem mendapatkan 4 kursi PKS mendapatkan 2 kursi, dan PKN mendapatkan satu kursi.

Ketua DPW Partai Nasdem Jambi, Syarif Fasha, mengatakan H Nalim berpeluang mendapat rekomendasi dari NasDem untuk pencalonan
bakal calon Bupati Merangin.

“Semua calon mempunyai peluang sepanjang para calon kepala daerah berkomitmen untuk membesarkan partai Nasdem di Kabupaten Merangin,” kata Fasha kepada wartawan pada Sabtu (1/6/2024).

Untuk meraih dukungan, Nalim telah mengunjungi kediaman Syarif Fasha pada akhir pekan ini.

Menurut H Awi, salah satu tim sukses Nalim yang ikut hadir pada pertemuan itu mengatakan, pertemuan itu berlangsung hangat.

“Pak Fasha sangat mendukung pencalonan Pak Nalim. Beliau juga banyak memberikan saran dan bimbingan kepada Pak Nalim,” tutur H Awi.

Fasha mengenal sosok H Nalim. Purnawirawan Polri itu pernah menjabat sebagai Bupati Merangin periode 2008—2013.

“Saya sudah lama mengenal beliau semenjak beliau menjadi bupati Merangin priode pertama,” kata dia

DPW NasDem akan melakukan survei untuk mengetahui tingkat elektabilitas sosok yang bakal didukung di Pilkada serentak.

Mantan Walikota Jambi dua periode ini menambahkan, survei itu digelar sebagai bahan pertimbangan siapa yang akan diusung di Pilkada Merangin.

“Saat ini Partai Nasdem belum memutuskan kepada siapa dukungannya. Yang pasti Partai Nasdem akan melihat hasil survei terlebih dahulu,” tambahnya.

Selain mengunjungi kediaman Syarif Fasha, Nalim bersama timnya bersilaturahmi ke rumah dinas Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas di Komplek Perumahan Menteri Widiya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat 24 Mei 2024

Dalam pertemuan itu, H. Nalim yang juga kader PAN meminta restu Zulhas untuk maju sebagai calon Bupati Merangin yang diusung PAN pada Pilkada 2024.

Menurut H. Awi, yang mendampingi H. Nalim, Zulhas yang juga Menperindag memberi sinyal akan mendukung H. Nalim sebagai calon Bupati Merangin yang diusung PAN pada Pilkada 2024.

Menurut Awi, Zulhas menyebutkan hasil survei internal PAN, elektabilitas H. Nalim lebih tinggi dibanding kandidat lainnya yang mendaftar ke DPD PAN Merangin.

Atas dasar itu, Zulhas merestui H. Nalim maju sebagai calon Bupati Merangin pada Pilkada 2024.

“Selanjutnya, silakan koordinasi dengan DPW PAN Jambi dan silakan temui Pak Viva Yoga (Waketum PAN),” ujarnya mengutip pernyataan Zulhas.

Sementara H. Nalim mengapresiasi restu dan dukungan yang langsung disampaikan Ketum PAN Zulkifli Hasan tersebut.

Dia juga menegaskan komitmennya untuk maju bersama PAN di Pilkada Merangin 2024.

Sebelumnya, dukungan terhadap H. Nalim untuk maju pada Pilkada Merangin juga muncul dari DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jambi.

Nama H. Nalim dikabarkan masuk dalam daftar bakal calon kepala daerah (Bacakada) Merangin yang akan direkomendasikan PAN pada pengumuman tahap kedua.

“Dalam waktu dekat ini, PAN akan mengeluarkan surat rekomendasi tahap kedua. Waktunya bisa dalam minggu ini, bisa juga minggu depan,” kata Ketua DPW PAN Jambi H. Bakri melalui sambungan telepon, Rabu (22/5/2024).

Meski demikian, H. Bakri belum berani menyampaikan secara detail nama-nama Bacakada yang akan direkomendasikan PAN untuk Pilkada Merangin 2024.

“Yang pasti, siapapun yang didukung PAN, baik untuk calon gubernur maupun calon bupati, itu harus kerja sama, karena mereka dalam satu perahu di PAN,” katanya diplomatis

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, masih menggodok nama Dr. H. Nalim, SH, MM untuk diusung partai berlambang bulan sabit dan padi ini Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Merangin 2024. H. Nalim menjadi kendidat yang potensial mendapat rekomendasi dari PKS.

Ketua DPD PKS Merangin Rustam Effendi mengatakan pihaknya saat ini menjalankan proses tahapan selanjutnya untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PKS sesuai aturan internal PKS.

Meski demikian, Rustam menilai H. Nalim menjadi salah satu kendidat yang potensial mendapat rekomendasi dari PKS, karena visi-misi yang diusung tokoh kelahiran Ngaol pada 1 Juni 1960 ini sesuai dengan arah pembangunan Kabupaten Merangin pada masa mendatang.

Menurut dia, dukungan terhadap H. Nalim makin menguat di internal PKS Merangin.

“Beliau merupakan sosok yang sudah cukup lama berkecimpung di kancah politik Kabupaten Merangin,” kata Rustam Effendi.

Dukungan itu, menurut Rustam, juga diperkuat hasil survei internal partai yang mengarah ke figur H. Nalim.

Sementara H. Awi, mewakili H. Nalim, mengucapkan terima kasih kasih atas dukungan PKS kepada H. Nalim.

“Kami siap mengikuti semua mekanisme yang ditetapkan PKS,” katanya.

Selain PKS yang memiliki dua kursi di DPRD Merangin, DPW Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Merangin, baru-baru ini juga sudah menyatakan dukungannya mengusung H Nalim untuk kembali memimpin Kabupaten Merangin lima tahun ke depan.(Bud)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mangkir Panggilan Pansus DPRD,Dinas PU dan Dinkes Situbondo Terancam Diinterplasi

20 Juni 2024 - 20:44 WIB

Demo Massa PMII di Mapolres Sutubondo Ricuh, Rusak Pagar Kawat Berduri

20 Juni 2024 - 17:26 WIB

Petani di Jambi Tunda Musim Tanam Padi Hindari Gagal Panen

20 Juni 2024 - 16:02 WIB

Tiga Pengedar Pil Ekstasi Dibekuk Tim Satres Narkoba Polres Sarolangun

20 Juni 2024 - 15:34 WIB

PKB Resmi Usung “Rio Patennang” sebagai Bacabup di Pilkada Situbondo

19 Juni 2024 - 20:22 WIB

Tabung Gas Meledak, Tiga Rumah Milik Bapak dan 2 Anaknya Hangus Terbakar

19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Trending di Daerah