Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Nasional · 7 Des 2016 19:43 WIB ·

Ini 5 Kecamatan di Kab Probolinggo yang Masih Rawan Bencana


					Peta rawan bencana di kabupaten probolinggo (Foto peta: dic) Perbesar

Peta rawan bencana di kabupaten probolinggo (Foto peta: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Untuk mengantisipasi bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, telah memetakan kerawanan, resiko, dan dampak bencana.

Dengan kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini, Kabupaten Probolinggo beresiko dengan ancaman bencana banjir, tanah longsor, angin kencang, bahkan gempa bumi.

Menurut Dwi Joko Nurjayadi, kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, potensi banjir bandang yang terbagi di 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Pakuniran, Kraksaan, Gending, Dringu dan Tongas.

Sedangkan banjir genangan terjadi di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kraksaan, Dringu dan Sumberasih. Sementara banjir rob terjadi di Kecamatan Paiton, Kraksaan, dan Tongas.

Tanah longsor berada di daerah selatan Kabupaten Probolinggo, yang dikelilingi area pegunungan, seperti Kecamatan Sukapura, Sumber, Tiris dan Krucil.

Angin kencang dan pohon tumbang terjadi di sepanjang jalur pantura Tongas hingga Paiton serta jalur selatan Kecamatan Leces masih bisa terjadi.

“Seluruh kawasan tersebut telah dipetakan  BPBD, sebagai acuan langkah  taktis tim respon cepat relawan bencana. Kami telah mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Probolinggo,”jelas Dwi Joko, saat ditemui diruang kerjanya Rabu (7/12).

BPBD Kabupaten Probolinggo, menghimbau masyarakat setempat untuk mengurangi bahkan tidak beraktivitas, saat terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi berdurasi minimal 2 jam, karena dapat berpotensi terjadinya banjir bandang dan genangan, serta angin kencang yang dapat membuat pohon tumbang.(dic)

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Bupati Karna Suswandi, Panen Raya Padi BK 01

23 Februari 2024 - 21:01 WIB

Pemkab Situbondo Segera Cairkan Honor Ribuan Linmas yang Tertunda

23 Februari 2024 - 17:58 WIB

Trending di Daerah