Menu

Mode Gelap

Internasional · 11 Sep 2016 16:26 WIB ·

Agenda Jemaah Indonesia Selama Wukuf di Arafah


					Jemaah haji tengah melakukan aktivitas di tenda Arafah Perbesar

Jemaah haji tengah melakukan aktivitas di tenda Arafah

ARAFAH RN.COM – Hari iini, Minggu (10/09), seluruh jemaah haji mengikuti proses puncak ibadahnya, wukuf di Arafah, tidak terkecuali jemaah haji Indonesia. Proses wukuf akan dimulai sejak masuknya waktu Dzuhur.  Namun demikian, ada sejumlah aktivitas yang akan dilakukan, terutama di tenda misi haji Indonesia.

Anggota konsultan pembimbing ibadah PPIH Arab Saudi, Sunandar menerangkan, setelah mengikuti salat Subuh berjamaah dan kultum yang disampaikan anggota Amirul Haj Masyhuril Khamis, para jemaah bisa beristirahat dan sarapan. Sebab, rangkaian kegiatan wukuf di tenda misi haji baru akan dimulai pada pukul 10.30 Waktu Saudi atau pukul 16.30 WIB. “Kita akan mulai dengan talbiyah dan pembacaan doa,” kata Sunandar usai salat Subuh tadi pagi di masjid tenda Arafah.

Setelah doa dan talbiyah, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dubes RI di Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Acara diperkirakan sampai pukul 12.15 Waktu Saudi.

Saat puncak wukuf yakni tergelincirnya matahari atau waktu dzuhur (ba’da zawal), acara diisi dengan khutbah wukuf yang akan disampaikan oleh naib Amirul Haj yang juga wakil rais aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftahul Akhyar.  “Setelah itu para jemaah akan melaksanakan salat Zuhur dan Ashar jama ta’dim qashar,” tambah Sunandar.

Usai salat Zuhur dan Ashar, maka para jemaah diberikan kesempatan untuk beribadah sendiri-sendiri. Momen ini akan dimanfaatkan untuk memanjatkan doa, zikir dan membaca Al Quran serta introspeksi diri.

Menurut rencana, Jemaah haji akan mulai diberangkatkan dari Arafah menuju Muzdalifah setelah Magrib. Selain menginap (mabit), jemaah akan mengambil batu di Muzdalifah untuk melakukan lontar jumrah di Jamarat. (mkd -pinmas/EH)

Komentar

Baca Lainnya

Gagal Menangkap Harun Masiku, KPK Jadikan Hasto Kristiyanto Tumbal Politik Balas Dendam

11 Juni 2024 - 12:01 WIB

OPM Teror Distrik Sinak, Koops TNI Habema Berhasil Atasi dan Tembak Anggota OPM

6 Juni 2024 - 09:30 WIB

Aneh..!!! Negara Sita Uang 16 Miliar Rupiah Milik Perusahaan Asal Singapura Korban Penipuan

5 Juni 2024 - 13:41 WIB

Penggelapan Milyaran Dana UKW, PWI Pusat Harus Diaudit Forensik

4 Juni 2024 - 18:46 WIB

Jangan Sampai Kebijakan Insentif Likuiditas Menjadi BLBI Jilid II…!!!

2 Juni 2024 - 22:12 WIB

Relawan Bakti BUMN Berkolaborasi dengan Injourney

31 Mei 2024 - 10:32 WIB

Trending di Daerah