Search

Aksi Kemanusian Polisi di Hari Bhayangkara ke-75 Membuat Angga Tersenyum Bahagia

Palembang, Reportasenews – Dalam ekspedisi Jakarta-Sumatera bulan Mei 2021 lalu, Tim Reportasenews bertemu Angga, remaja 15 tahun yang sejak ibunya wafat 7 tahun lalu ia justru ditinggal kabur sang ayah yang tidak bertanggung jawab.

Angga bersama dua adik perempuannya tinggal di rumah tak layak huni karena tanpa dinding di tepian Sungai Musi, Desa Selat Punai, Kelurahan Pulo Kerto, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Namun Angga lebih sering tinggal sendiri, sementara kedua adik perempuanya yang masih kecil kerap numpang tidur di rumah tetangga yang iba melihat mereka.

Melihat sosok Angga, sulit menemukan difinisi bahagia. Salah satu kakinya mengalami disfungsi sehingga saat hujan deras, ia terpaksa berlari dengan menyeret kakinya menuju gedung Sekolah Dasar tak jauh dari rumahnya. Ia tak tahan basah kuyup karena air hujan menerobos  rumahnya yang tak berdinding.

Hari ini 1 Juli 2021 bersamaan dengan Hari Bhayangkara ke-75 atau Hari Ulang Tahun Polri mungkin ini kali pertama Angga merasakan bahagia setelah  rumahnya yang nyaris roboh rampung direnovasi Polsek Gandus Palembang.

AKP Kusyanto, Kapolsek Gandus, Palembang saat pertama kali bertemu Angga.

AKP Kusyanto, Kapolsek Gandus Palembang mendapat laporan dari anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Jumani yang waktu itu bersama Tim Reportasenews melakukan sosialisi Prokes Covid-19 dan secara tidak sengaja bertemu dengan Angga.

Setelah melihat kondisi Angga secara langsung, polisi kelahiran Baturaden Purwokerto Jawa Tengah ini kemudian memutuskan untuk membangun rumah Angga sebagai program Polsek Gandus. Sebelumnya Polsek Gandus sudah membeli sepetak tanah dan membangun rumah untuk Angga. Namun kondisinya masih jauh dari kata sempurna.

“Kami meneruskan membangun rumah untuk Angga agar layak huni,” kata AKP Kusyanto.

Polsek gandus juga membuatkan tangga semen yang lebih aman agar Angga lebih leluasa naik dan turun rumah. Sebelumnya, Angga terpaksa keluar masuk rumah dengan melewati tangga dari dahan dan ranting kayu.

Angga bocah sebatang kara di rumahnya saat belum direnovasi Polsek Gandus.

“Kami berharap Angga bisa hidup lebih layak,” cetus AKP Kusyanto.

Langkah Kapolsek Gandus AKP Kusyanto tersebut mendapat apresiasi dari Polrestabes Palembang. Bahkan Kapolrestabes Palembang, Kombes Irvan Prawira Satyaputra hadir langsung untuk meresmikan rumah baru Angga. Peresmian dilakukan pada tanggal, 29 Juni 2021.

“Apresiasi dan terima kasih pada Polsek Gandus dan AKP Kusyanto dan jajarannya. Kami berharap bakti sosial ini memperkuat hubungan antara polisi dengan masyarakat,” kata Kapolrestabes Palembang Kombes Irvan Prawira dalam sambutannya.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Kapolrestabes Palembang untuk mengingatkan masyarakat agat menaati protokol kesehatan. Tujuannya agar Palembang segera terbebas dari Pandemi Covid-19.

Ketua RW 04 Kelurahan Pulo Kerto, Munawir mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Kapolrestabes Palembang Kombes Irvan Satyaputra dan Kapolsek Gandus AKP Kusyanto. Ia mengatakan bantuan kepolisian sangat berarti bagi warganya yang berada di kawasan pinggiran Sungai Musi dengan kehidupan sederhana.

“Semoga bapak-bapak selalu mendapat perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Atas nama Angga, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga,” kata Munawir.

Angga memang tak bisa berkata-kata  tetapi dari senyum yang mengembang di wajah, menggambarkan rasa terima kasih pada tindakan kemanusiaan polisi yang menyelamatkannya.

Apa yang dilakukan Kapolsek Gandus AKP Kusyanto patut mendapat apresiasi. Dan dari aksi kemanusiaan tersebut, membuat kita selayaknya memberikan ucapan: Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-75, semoga polisi bisa mewujudkan tugas mulianya sebagai pelindung masyarakat.




Loading Facebook Comments ...