Menu

Mode Gelap

Jelajah · 20 Okt 2016 08:14 WIB ·

Alternatif Liburan di Kampung Kurcaci


					Obyek wisata Rumah Kurcaci Perbesar

Obyek wisata Rumah Kurcaci

PURBALINGGA, REPORTASE – Kampung Kurcaci Dikabupaten Purbalingga Jawa tengah Mungkin Bisa Menjadi Alternatif  liburan. Lokasinya terletak di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, tepatnya berada di lereng Gunung Slamet. Di Kampung Kurcaci, wisatawan dapat menikmati sejuknya udara Gunung Slamet dan rindangnya ratusan pohon damar.

Ada sejumlah wahana yang disediakan di lokasi ini. Diantaranya rumah pohon dan gazebo yang tersebar di berbagai sudut destinasi wisata itu. Wisatawan bisa berswafoto dari atas rumah pohon maupun di bawah pohon damar yang tingginya mencapai belasan meter.

Di Kampung Kurcaci, wisatawan juga dapat memainkan berbagai permainan tradisional seperti egrang, sunda manda, benthik, dan dakon.

“Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Curug Lawang, berkemah diberkemah di
camping ground, dan fasilitas perpustakaan Kurcaci. Bagi wisatawan yang ingin tiduran di antara pepohonan, pengelola Kampung Kurcaci juga menyediakan hammock (ayunan yang terbuat dari kain) secara gratis,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Kamis (20/10).

Selain itu, kata dia, wisatawan juga akan diajak berkomunikasi dengan bahasa Jawa Krama yang saat ini telah banyak dilupakan anak-anak. Bagi wisatawan yang lapar setelah menikmati berbagai wahana tidak perlu khawatir pengelola Kampung Kurcaci juga menyediakan santapan makan siang khas desa setempat.

Ada nasi jagung, oseng daun renjeng, oseng welok, oseng tempe, kuluban, mendoan, dan peyek serta ikan asin yang hangat. Selain itu, wisatawan dapat menikmati minuman teh yang daun tehnya dipetik dari pekarangan sekitar rumah warga.

“Umumnya yang disajikan dibuat dari tanaman sayuran di sekitar rumah warga. Sehingga, wisatawan akan selalu terkenang dengan kunjungannya ke Kampung Kurcaci sehingga tidak bosan untuk datang kembali dengan mengajak saudara maupun rekan-rekan mereka,” kata Prayitno. (kus)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Andri Tedjadharma : Bukan Centris Pengemplang BLBI tapi Bank Indonesia Mengemplang Centris !!!

11 Juli 2024 - 20:48 WIB

Mediasi Gagal, Sidang Gugatan 11 Triliun akan Bongkar Siapa Pengemplang Jaminan 452 ha, Kemenkeu atau BI ?

4 Juli 2024 - 21:40 WIB

Mantan Kabais, Laksda TNI (Purn) Soleman Ponto: Negara Sedang Bergerak ke Arah Kerusakan

4 Juli 2024 - 20:51 WIB

Menteri AHY Sampaikan Indonesia-Kanada Telah Jalin Kemitraan yang Sangat Kuat

4 Juli 2024 - 19:23 WIB

Jadi Narasumber di PK-234, Founder Batik Sawit Sm-art Batik Ajak Awardee LPDP Kampanyekan Kebaikan Sawit Indonesia

2 Juli 2024 - 23:55 WIB

Trending di Ekonomi