Menu

Mode Gelap

Daerah · 30 Nov 2023 19:34 WIB ·

Antisipasi Abrasi, Forkopimda Situbondo Tanam 1000 Bibit Mangrove di Pantai Cemara


					Antisipasi Abrasi, Forkopimda Situbondo Tanam 1000 Bibit Mangrove di Pantai Cemara Perbesar

Suasana penanaman ribuan bibit mangrove di pantai cemara Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews.com – Untuk mengantisipasi terjadinya abrasi disepanjang pantai utara Situbondo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo, menanam sebanyak 1.000 bibit mangrove, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan menanam ribuan bibit mangrove atau pohon bakau, dalam rangka memperingati HUT
HUT Ke-78 Korps Brimob dan HUT Ke-73 Korps Polairud itu, terfokus di kawasan pantai Cemara, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Situbondo.

“Kegiatan penanaman ribuan bibit dilakukan secara serentak di Polda dan Polres jajaran, dalam momen HUT Ke-78 Korps Brimob dan HUT Ke-73 Korps Kepolisian Air dan Udara (Polairud),” ujar Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Menurutnya, selain untuk mencegah terjadinya abrasi di sepanjang pantai utara Situbondo, khususnya di Pantai Cemara juga sebagai upaya mencegah terjadinya pemanasan global akibat perubahan iklim.

“Kegiatan juga untuk menyadarkan masyarakat, terutama masyarakat pesisir dalam menjaga kelestariann lingkungan,”katanya.

Lebih jauh AKBP Dwi menambahkan, untuk pemeliharaan tanaman bakau di kawasan wisata Pantai Cemara itu, Polres Situbondo bekerja sama dengan masyarakat dan relawan Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu) yang fokus merestorasi lahan krisis seperti di kawasan pesisir.

“Perawatan atau pemeliharaan tanaman mangrove yang kami tanam hari ini bekerja sama dengan Yayasan Gajah Sumatera, hingga mangrove benar-benar hidup dan berfungsi dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo Ahmad Yulianto mengapresiasi Polres Situbondo melaksanakan kegiatan penanaman mangrove untuk kelestarian lingkungan.

“Mangrove ini kan fungsinya mencegah abrasi, pengikisan pantai yang diakibatkan arus laut dan bisa merusak garis pantai termasuk pemanasan global juga,”ujar Yulianto.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah