Menu

Mode Gelap

Daerah · 24 Mar 2017 01:26 WIB ·

Antisipasi Amuk Massa, Orang Gila Dirazia


					Para orang gila yang dirazia petugas gabungan di Situbondo. (foto: fat) Perbesar

Para orang gila yang dirazia petugas gabungan di Situbondo. (foto: fat)

Situbondo, reportasenews.com – Mengantisipasi orang gila (orgil) menjadi sasaran amukan massa, dengan maraknya kabar bohong tentang penculikan anak, petugas gabungan Dinas Sosial (Dinsos), Satpol PP dan Polres Situbondo, Kamis (23/3) melakukan razia orgil, gelandangan dan pengemis (gepeng).

Razia itu dilakukan  dilakukan petugas di sejumlah sudut di Kota Situbondo. Saat razia petugas berhasil menjaring beberapa orgil. Selanjutnya, mereka digelandang ke Kantor Dinsos Pemkab Situbondo.

Pantauan reportasenwes.com di lapangan, selain dimandikan para orgil yang terjaring razia juga diberi pakaian layak untuk dikenakan. Mereka juga diberi makan dan dibiarkan beristirahat di Kantor Dinsos Pemkab Situbondo.

Bahkan, salah satu orgil wanita yang diamankan tampak masih cedera. Bagian pelipis mata kirinya tampak lebam dan masih diperban. Orgil yang mengaku dari wilayah Jawa Tengah itu, adalah salah satu korban salah sasaran yang dikira pelaku penculikan anak. Dia ditangkap dan dihajar massa di wilayah Kecamatan Arjasa.

Kepala Dinsos Pemkab Situbondo Lutfi Joko Prihatin mengatakan, dalam razia orgil di sejumlah sudut Kota Situbondo, petugas gabungan berhasil menjaring 10 orgil.

“Ini dilakukan, untuk mengantisipasi para orgil menjadi amukan massa, paska maraknya berita bohong tentang penculikan anak di Situbondo,” kata Lutfi Joko Prihatin, Kamis (23/3).

Menurutnya, saat ini isu penculikan anak ini memang meresahkan warga. Bahkan, setiap ada orang yang baru dikenal, sebagian warga terpengaruh dengan isu yang menyesatkan tersebut.

“Mereka langsung menangkap dan menghakimi orgil tersebut, lantaran diduga sebagai pelaku penculikan anak,” bebernya.

Lutfi Joko Prihatin mengaku ikut prihatin dengan merebaknya isu penculikan anak kini memang cukup meresahkan masyarakat. Dia mewanti-wanti, agar masyarakat tidak mudah terpancing isu-isu menyesatkan. Termasuk isu penculikan anak yang kini cukup merebak. Sebab, pihak kepolisian di Situbondo sendiri sudah memastikan, jika isu tersebut tidak benar alias hoax.

“Untuk orgil yang terjaring razia ini, kalau masih punya keluarga maka akan kita kembalikan kepada keluarganya. Kalau tidak mempunyai keluarga, mereka akan dikirim ke panti rehabilitasi,” pungkasnya.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah