Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Ekonomi · 20 Des 2023 10:41 WIB ·

ASPEBINDO Dorong Percepatan Bidang Hilirisasi dan Energi Terbarukan


					ASPEBINDO Dorong Percepatan Bidang Hilirisasi dan Energi Terbarukan Perbesar

Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), menyelenggarakan kegiatan Indonesia Mineral and Energy Conference (IMEC) 2023. (foto: istimewa).

 

Jakarta, reportasenews.com – Gabungan pengusaha pertambangan dalam Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), menyelenggarakan kegiatan Indonesia Mineral and Energy Conference (IMEC) 2023

IMEC-2023 kali ini mengusung tema “Outlook of Indonesia Mineral and Energy Sector In The New Presidential Era” yang menghadirkan Menteri ESDM diwakilkan Irwandi Arif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, President Director PT Perusahaan Gas Negara Arief Setiawan Handoko, Director of Infrastructure and Tachnology of PT Perusahaan Gas Negara, President Director PT Freeport Indonesia Tony Wenas dan sejumlah praktisi pertambangan lainnya.

Ketua Umum Aspebindo, Anggawira menjelaskan tentang pentingnya IMEC diselenggarakan, karena saat ini para pengusaha pertambangan mineral dan batu bara membutuhkan banyak informasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan perubahan yang akan terjadi baik di lingkup nasional maupun internasional.

“Setidaknya ada dua isu besar yang perlu disikapi dengan cepat dan tepat yaitu terkait program hilirisasi hasil pertambangan yang akan terus dikembangkan dan isu transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT),” ujar Anggawira dalam sambutannya di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Kedua isu tersebut akan mempengaruhi peta jalan pengelolaan sumberdaya mineral dan batu bara yang selama ini berlaku. Karena itu kalangan pengusaha perlu mempelajari berbagai kemungkinan untuk membuat perencanaan adaptasi bisnis agar dapat bertahan.

“Melalui konferensi ini peserta bisa mendapatkan gambaran perubahan yang akan terjadi, sehingga masing-masing perusahaan dapat menyusun program penyesuaian arah bisnis sesuai dengan kondisi yang akan terjadi,” terang Anggawira.

Anggawira menerangkan, Anggota ASPEBINDO merupakan mitra sekaligus aset strategis bagi Pemerintah dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang hasilnya ditujukan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat Indonesia.
“Mengingat pentingnya kedudukan tersebut maka ASPEBINDO merasa perlu membuat program pembinaan dalam berbagai bentuk agar anggotanya dapat beradaptasi menghadapi berbagai perubahan,” ucap Anggawira.

ASPEBINDO adalah organisasi non pemerintah yang melakukan usaha dalam menunjang dan membantu usaha anggota dalam bidang energy dan batubara. Anggota ASPEBINDO kini lebih dari 100 perusahaan yang terdiri dari perusahaan perdagangan, perusahaan pemilik tambang batubara serta perusahaan yang bergerak dibidang energi minyak dan gas atau energy terbarukan.

Upaya ASPEBINDO terus mendukung pemanfaatan sumber daya alam, terutama di bidang industri yang harus lebih diperhatikan oleh pemerintah, agar bisa menjadi salah satu langkah menuju Indonesia lebih maju.

ASPEBINDO mengajak anggotanya untuk terus berinovasi dalam menghadapi perubahan tren energy dunia dan mendorong transisi energy bersih. Oleh karena itu ASPEBINDO terus mendukung pemerintah dan lembaga terkait lainnya untuk melakukan langkah-langkah konkret dalam mempercepat pengembangan energy terbarukan, asosiasi pun siap berkolaborasi untuk mendukung langkah tersebut.

ASPEBENDO juga akan berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan industri akan pentingnya energi terbarukan, sehingga industri energi dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kita harus terus beradaptasi dengan perubahan dan dinamika pasar global serta memerhatikan aspek lingkungan dan sosial dalam setiap kegiatan, hal ini akan membantu industri energi untuk terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, sekaligus memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat, ”tegas Anggawira.

Dan salah satu upaya ASPEBINDO menyelenggarakan IMEC-2, berusaha menggali dan mengelaborasi ide-ide, serta pemikiran-pemikiran terkini dari para pakar, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan di sektor energi & sumber daya alam. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Harga Beras Mahal, Pemkab Situbodo Gandeng  Bulog Gelar Operasi Pasar

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tak Dukung Istri Kades Jadi Caleg, Dua Ketua RT di Desa Sumberpinang Dipecat

26 Februari 2024 - 17:22 WIB

Massa Gelar Unjukrasa Tolak Hak Angket Soal Kecurangan Pemilu di  Kantor KPU Ngawi

26 Februari 2024 - 17:03 WIB

Polres Tanjab Timur Ungkap 7 Kasus Narkoba dan Amankan 12 Tersangka

26 Februari 2024 - 15:51 WIB

Permukaan Air Sungai Batanghari Kembali Naik

26 Februari 2024 - 15:09 WIB

Perkuat Jaringan, BPC HIPMI Kota Yogyakarta Jajaki Kerjasama dengan BPC HIPMI Wonosobo

26 Februari 2024 - 14:12 WIB

Trending di Daerah