Menu

Mode Gelap

Daerah · 5 Agu 2022 21:57 WIB ·

Banjir Terjang Lima Kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Dua orang Meninggal Dunia


					Banjir Terjang Lima Kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Dua orang Meninggal Dunia Perbesar

Tim SAR tengah mengevakuasi warga dengan menggunakan perahu saat banjir menerjang lima kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kakimantan Barat, Jum’at (05/08/22). (foto: istimewa)

 

Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, reportasenews.com – Banjir kembali menerjang lima kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (5/8/2022).
Lima kecamatan yang terendam banjir hingga saat ini adalah Kecamatan Putussibau Utara, dan Putussibau Selatan, serta Kecamatan Bika, Kecamatan Pengkadan, dan Kecamatan Silat Hilir.

Saat ini, banjir juga telah menelan dua korban jiwa, seorang anak perempuan dan seorang dewasa.

“Untuk jembatan yang rusak akibat diterjang banjir belum diketahui, karena belum ada laporan yang masuk sampai saat ini,” kata Pembina Tim Reaksi Cepat (TRC) Pramuka Kapuas Hulu, Aliyanto.

Informasi yang diperoleh, di Teluk Bangat dilaporkan anak tenggelam selama dua jam, dan tim dari Reaksi Cepat BPBD kabupaten Kapuas Hulu dan Pramuka serta Polsek dibantu Polisi air melakukan pencarian di lokasi tenggelamnya anak ini.

“Dari pencarian itu, ditemukan anak ini telah meninggal dunia, dan selanjutnya tim berupaya melakukan penyelamatan dengan melakukan upaua pertolongan pertama pada kecelakaan, namun takdir berkata lain, sehingga korban dilarikan ke rumah Sakit Ahmad Diponegoro di Kota Putussibau. Dan sekarang korban sudah dikembalikan ke rumah duka, sedangkan satu korban lagi di Bontai, Kecamatan Jongkong, ditemukan dalam keadaan hanyut. Yang menemukan mayat tersebut adalah masyarakat sekitar, dan sekarang mayat telah diambil pihak keluarga,” ungkap Aliyanto.

Aliyanto menegaskan saat ini debit air Sungai Kapuas semakin meningkat dimana permukaan air naik disebabkan pasokan air dari arus sungai lainnya yang berada di daerah perhuluan, seperti sungai Longkang, Sungai Keriau, sungai Mendalam dan Sungai Sibau.

Tim SAR tengah memberikan pertolongan kepada seorang anak saat terjadi bajir yang menerjang di lima kecamatan di Kapuas Hulu.

“Jadi air semakin naik, dan ada beberapa kecamatan yang sudah tergenang air yaitu kecamatan Silat Hilir, dan Kecamatan Pengkadan, ” tutupnya.

Sementara Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan,yang dihubungi belum dapat menyampaikan kabar banjir di kabupaten Kapuas Hulu.

“Kita masih kumpulkan data banjir, ” katanya singkat.

Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu setelah daerah ini dilanda hujan dengan intensitas tinggi dan akibat banjir aktivitas warga menjadi terhambat. Beberapa ruas jalan utama dilaporkan masih digenangi banjir. (das)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 250 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

164 WBP Situbondo Mendapat Remisi Agustusan, 3 WBP Diantaranya Langsung Bebas 

17 Agustus 2022 - 17:02 WIB

Judul: Berperilaku baik, AN salahsatu WBP langsung Bebas setelah Mendapat Remisi Hari Merdeka

17 Agustus 2022 - 16:56 WIB

1.052 WBP Lapas Kelas II A Pontianak dapat Remisi di HUT ke 77 Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 11:20 WIB

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Gubernur Kalbar berlangsung Khidmat

17 Agustus 2022 - 10:39 WIB

Satresnarkoba Polres Ngawi Ringkus Delapan Pengedar Narkoba

17 Agustus 2022 - 09:24 WIB

Gara-gara Kartu PKH, Suami di Belu-NTT Tega Aniaya Istri Hingga Usus Terburai

16 Agustus 2022 - 21:40 WIB

Trending di Hukum