Menu

Mode Gelap

Daerah · 13 Mar 2024 16:33 WIB ·

Bank Indonesia Perwakilan NTT Sediakan 2,48 Triliun Uang Tunai Selama Ramadhan Hingga Idul Fitri


					Bank Indonesia Perwakilan NTT Sediakan 2,48 Triliun Uang Tunai Selama Ramadhan Hingga Idul Fitri Perbesar

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT Agus Sistyo Widjajati.

 

Kupang, Reportasenews.com – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT, menyediakan uang tunai sebesar Rp. 2,48 triliun untuk kebutuhan masyararakat selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

Bank Indonesia memproyeksikan  kebutuhan uang tunai oleh masyarakat di NTT selama Ramadhan hingga Idul Fitri pada tahun 2024 ini mencapai Rp. 748 miliar.

Penyediaan uang tunai yang mencapai Rp. 2,48 triliun tersebut untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di masyarakat selama Ramadhan hingga idul fitri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati Rabu (13/3) dalam pesan tertulis yang diterima Reportasenews.com.

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang di masyarakat jelang Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, KPw BI Provinsi Nusa Tenggara Timur Memproyeksikan kebutuhan uang rupiah sebanyak Rp. 748 M, untuk memenuhi kebetuhan tersebut Bank Indonesia menyediakan uang rupiah sebesar Rp. 2,48 T,” kata Agus.

Menurut Agus uang tunai yang disediakan tersebut dengan berbagai jenis pecahan dalam jumlah nominal yang cukup. Sehingga masyarakat mudah menukarkan uang dalam berbagai pecahan untuk kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Disampaikan Agus uang yang disediakan Bank Indonesia memiliki kualitas dan layak edar dan akan diedarkan tepat waktu.

“Jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan kualitas layak edar,” ujarnya.

Dia menjelaskan uang sebesar Rp. 2,48 triliun yang disediakan tersebut sudah termasuk untuk kebutuhan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Perbankan.

Karena lanjut Agus nantinya Perbankan yang akan menghadapi libur panjang lebaran sehingga dipastikan ketersediaan uang tunai di mesin-mesin ATM harus terpenuhi untuk kebutuhan masyarakat.

” Besaran nominal (Rp. 2,48 triliun) ini termasuk untuk kebutuhan ATM Perbankan menghadapi libur panjang Idul Fitri tahun 2024,” jelasnya.

Dia mengungkapkan proyeksi kebutuhan nominal rupiah yang dibutuhkan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024 ini lebih rendah 42 persen dari proyeksi tahun Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya atau Rp. 1,2 triliun

“Adapun nominal Rupiah yang dibutuhkan pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini lebih rendah 42% dari tahun sebelumnya (Rp.1,2 Triliun di periode Ramadan dan Idul Fitri 2023),” kata Agus.

Penurunan jumlah kebutuhan uang tersebut disebabkan saat ini masih banyak uang yang beredar di masyarakat pasca pesta demokrasi. “Pada periode demokrasi pemilu tersebut KPw BI Provinsi NTT telah mengedarkan uang kepada perbankan sebanyak Rp. 457 Milyar,” jelas Agus.

Bank Indonesia perwakilan NTT juga nantinya akan membuka layanan penukaran uang selama Ramadhan bagi masyarakat melalui kas keliling di beberapa lokasi di Kota Kupang pada tanggal 20 maret, 27 Maret dan 3 April di kawasan Bundaran Patung Tirosa Kota Kupang.

“Sedangkan area Car Free Day (CFD) yang berkolaborasi dengan perbankan di kota Kupang pada tanggal 23 Maret 2023,” kata Agus.

Pada layanan di CFD Bank Indonesia juga memberikan kemudahan pada masyarakat yaitu penukaran uang menggunakan aplikasi QRIS.

Dia menyampaikan untuk diluar Kota Kupang, Bank Indonesia juga telah menyediakan 70 titik loket penukaran uang di seluruh wilayah NTT, yang bekerjasama dengan perbankan. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan layanan penukaran uang di bank terdekat. (eba)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Warga Usir Truck Tangki Bermuatan Limbah

12 Juli 2024 - 17:11 WIB

Andri Tedjadharma : Bukan Centris Pengemplang BLBI tapi Bank Indonesia Mengemplang Centris !!!

11 Juli 2024 - 20:48 WIB

Gerebek Rumah Warga, Tim Opsnal Polres Situbondo Amankan 348 Botol Miras

11 Juli 2024 - 20:47 WIB

Trending di Daerah