Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Lingkungan · 8 Des 2016 11:39 WIB ·

Bantuan Makanan Mulai Mengalir ke Korban Gempa Pidie Jaya


					Pengungsi korban gempa di Pidie Jaya, masih tidur di emperen toko karena khawatir gempa susulan. Perbesar

Pengungsi korban gempa di Pidie Jaya, masih tidur di emperen toko karena khawatir gempa susulan.

Jakarta, reportasenews.com-Gempa yang terjadi di Pidie Jaya, menghentak rasa kemanusiaan Indonesia. Sejumlah warga di berbagai daerah, berbondong-bondong membantu mengumpulkan dana, makanan pokok dan obat-obatan.

Reporter reportasenews.com di lokasi bencana melihat langsung pagi ini bantuan berupa beras sebanyak 1 ton, mi instan, dan beberapa jenis lainnya dari Kabupaten Biruen, tetangga dekat Pidie Jaya. Bantuan itu diserahkan ke titik-titik penampungan, yaitu di Kompleks Dayah Mudi Mesra, Dayah Ummul Ayman Samalanga, Lheu Simpang, Simpang Buloh, dan Mideun Jok.

“Bantuan lainnya akan menyusul dan segera dibuka dapur umum di beberapa tempat,” kata Kepala Dinsosnakertrans Bireuen, Ridwan SH.

Sedangkan Dinas Kesehatan Bireuen mengirimkan tujuh unit ambulans untuk membantu evakuasi korban gempa. Dua unit merupakan ambulans RSUD dr Fauziah Bireuen, sementara lima lainnya adalah ambulans Puskesmas Samalanga, Simpang Mamplam, Jeunieb, dan Pandrah.

Polres dan Kodim 0111/Bireuen pun ikut menurunkan puluhan angggota ke Samalanga untuk membantu korban gempa, membersihkan puing-puing bangunan yang rusak, termasuk kubah Masjid Kompleks Dayah Mudi Mesra Samalanga yang ambruk.

Tak mau ketinggalan Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen. Mereka melakukan penggalangan dana di Pusat Ibukota Kabupaten Bireuen dan kawasan Matang Glumpangdua. Mereka juga membuka posko di depan Masjid Jamik Peusangan untuk menampung berbagai bantuan.

Bantuan juga datang dari Langsa. Polres Langsa kemarin melakukan penggalangan dana di kalangan keluarga besar Bhayangkara dan langsung disalurkan ke lokasi bencana. Penggalangan dipimpin langsung Kapolres AKBP H Iskandar ZA SI, usai apel pagi di Lapangan Mapolres setempat.

Bantuan yang diberikan sudah dalam bentuk bahan pokok. “Bantuan yang kita berikan berupa beras 900 kg, 100 kotak mi instan, air mineral, telur, dan lainnya. Bantuan itu kita berangkatkan siang kemarin,” kata Kapolres.

Keluarga besar Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PTPN I Langsa juga menyalurkan bantuan senilai Rp 18.820.000 hasil dari penggalangan dana anggota. Bantuan yang diberikan dalam bentuk bahan makanan, seperti beras, telur, minyak goreng, gula pasir, dan barang kebutuhan lainnya. (did/tat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

UKMK Sawit Sm-art Batik Berikan Edukasi Batik Sawit ke Pengunjung WNI dan WNA di INACRAFT 2024.

2 Maret 2024 - 08:07 WIB

Jadi Narasumber Semarak UKMK Sawit BPDPKS di Medan, CEO Sm-art Batik Ceritakan Perjalanan Pengembangan Industri Batik Sawit

2 Maret 2024 - 07:59 WIB

Diwarnai Aksi Protes, Ketua KPU Situbondo Optimis Rekap Pemilu 2024 Rampung Tepat Waktu

1 Maret 2024 - 22:09 WIB

Gegara Tak Dipinjami Ambulance, Warga Situbondo Meninggal

1 Maret 2024 - 18:57 WIB

Penuhi Panggilan Tim Penilai ASN, Imam Hidayat Bantah Terlibat Politik Praktis

1 Maret 2024 - 17:42 WIB

Tekan Kenaikan Harga, Pemprov Jambi Bentuk Tim Pengawasan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

1 Maret 2024 - 16:47 WIB

Trending di Daerah