Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 8 Nov 2022 14:13 WIB ·

Bawaslu Ngawi Upayakan Pencegahan Sebelum Terjadi Penindakan Pelanggaran Pemilu


					Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi telah melaksanakan Pembekalan kepada 57 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Ngawi. (foto:Satria Romodhoni) Perbesar

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi telah melaksanakan Pembekalan kepada 57 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Ngawi. (foto:Satria Romodhoni)

Ngawi, reportasenewsc.om  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi telah melaksanakan Pembekalan kepada 57 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Ngawi.

Pembekalan bimbingan perdana kepada Panwaslu Kecamatan terpilih pasca pelantikan. Pembekalan di laksanakan Selama dua hari dari tanggal 6 hingga 7 November 2022 lalu di Hotel Sukowati Hall Ngawi dengan Narasumber dari internal Jajaran Pimpinan Bawaslu Kabupaten Ngawi.

Menurut Ketua Bawaslu Ngawi, Yusron Habibi, upaya pencegahan pelanggaran dengan upaya penindakan pelanggaran tentunya sangat berbeda. Dalam hal ini Bawaslu akan terus mengupayakan pada tingkat pencegahan. Terlebih euforia politik di lapangan tentunya sangat berbeda. Karenanya Bawaslu dan KPU sama-sama diberikan kewenangan pada tingkat pencegahan dan penindakan. Namun, pencegahan menjadi prioritas utama.

“Bawaslu dewasa ini dalam pengawasan Tahapan Pemilu 2024 ada beberapa perubahan seperti halnya mengupayakan pencegahan sebelum terjadi adanya tindakan pelangggaran pemilu, Upaya Pencegahan bisa berupa ia surat himbauan pencegahan kepada KPU, Partai Politik dan Pihak lainya serta Koordinasi dengan Pihak Pihak terkait,” jelas Yusron Habibi.

Seperti diketahui, dalam aturan yang berlaku saat ini, Bawaslu memiliki tugas salah satunya adalah mengawasi pelaksanaan Pemilu dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran. Dengan Undang-Undang Pemilu yang salah satunya adalah menyangkut soal penyelenggara Pemilu, maka Bawaslu akan memaksimalkan fungsi-fungsi pencegahan terhadap berbagai potensi pelanggaran.

Lebih lanjut, Yusron juga menyampaikan Bawaslu dalam menjalankan tugas lebih mengedepankan pleno serta tugas kolektif kolegial.

“Jadi misalnya ada dugaan pelanggaran Pemilu dalam menentukan itu temuan atau bukan temuan harus ada pleno setelah itu baru bisa ditentukan temuan, bukan temuan pelanggaran pemilu atau hanya sekedar informasi,” terang Yusron Habibi. (don)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 177 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Sebanyak 828 Warga Dievakuasi

18 April 2024 - 05:18 WIB

Pohon Berukuran Besar Tumbang, Jalur Pantura Situbondo Sempat Macet

17 April 2024 - 20:05 WIB

Mikael Injek Barayungk Maju dalam Pilkada Gubernur Kalbar

17 April 2024 - 19:03 WIB

Mantan Kapolda NTT Daftar ke Gerindra Jadi Calon Gubernur

17 April 2024 - 17:11 WIB

Gudang Farmasi Situbondo, Diduga Dijadikan Ajang Pesta Miras Karyawannya

17 April 2024 - 15:15 WIB

Boneka Hello Kitty Jadi Modus Penyelundupan Sabu Antar Provinsi

16 April 2024 - 17:23 WIB

Trending di Daerah