Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 20 Jan 2021 15:03 WIB ·

Berbagai Masalah Kesehatan pada Masa Dewasa dan Solusinya


					Berbagai Masalah Kesehatan pada Masa Dewasa dan Solusinya Perbesar

Jakarta, reportasenews.com – Pada dasarnya ketika seseorang memasuki usia dewasa lebih sering mengalami atau mengidap suatu penyakit tertentu yang diakibatkan dari faktor usia yang semakin bertambah. Oleh karena itu, di usia dewasa dianjurkan untuk melakukan pola hidup sehat. Bisa dilakukan dengan makan makanan sehat yang bernutrisi, rajin berolahraga minimal setiap seminggu sekali, dan memenuhi dan menjaga waktu istirahat Anda sekitar 7 hingga 8 jam per hari.

Selain menjaga pola hidup sehat, vaksin juga dibutuhkan oleh orang dewasa. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh dr. Jane Jane Soepardi, MPH, yang merupakan seorang pakar imunisasi. Ia mengatakan bahwa vaksin dan imunisasi penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan penyakit berbahaya. Inilah beberapa jenis penyakit yang umumnya sering menyerang orang dewasa.

3 Penyakit yang Sering Dialami Orang Dewasa

1. Influenza

Influenza atau flu tentu menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh. Apalagi bagi para orang dewasa dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi di saluran pernapasan. Musim hujan juga bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terhadap influenza.

Salah satu cara agar tidak mudah terserang influenza adalah dengan memberikan vaksin influenza. Pencegahan dengan vaksinasi influenza ini terbukti sangat efektif untuk mencegah flu. Umumnya, vaksin ini diberikan satu tahun sekali kepada orang dewasa.

2. Pneumonia

Orang dewasa juga memiliki kecenderungan untuk mudah terkena penyakit radang paru atau pneumonia yang dipicu bakteri Streptococcus. Saluran pernapasan bagian bawah akan sangat rentan terkena bakteri ini. Apalagi bagi orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

Penularan dan penyebaran pneumonia akan terjadi lewat udara. Misalnya adalah saat bersin, batuk, maupun berbicara. Untuk itulah orang dewasa yang rentan bertemu dan bersosialisasi dengan banyak orang memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini. Salah satu bentuk pencegahan yang bisa diambil adalah dengan mendapatkan vaksin pneumonia. Dengan begitu, bisa mencegah penularan dan infeksi radang paru dengan lebih optimal.

3. Kanker

Beberapa jenis kanker banyak menyerang orang dewasa yang telah memasuki usia 30-an. Dalam kebanyakan kasus pada perempuan yang berusia di kisaran 30 tahunan mengidap penyakit kanker payudara, kanker serviks. Sementa untuk para laki-laki biasanya berisiko terkena penyakit kanker prostat, secara garis besar baik perempuan dan laki-laki yang memasuki usia tersebut memiliki angka yang lumayan tinggi terserang penyakit kanker.

Hal tersebut memang sebaiknya dicegah dengan sedini mungkin agar terhindar dari penyakit tersebut. Penyakit kanker biasanya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan paparan dari radikal bebas. Untuk itu cara mengatasinya yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan guna melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Selain itu juga pada kasus penyakit kanker serviks dapat dicegah dengan pemberian vaksin HPV yang dapat dilakukan vaksinasi secara mandiri.

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan di masa dewasa yang umumnya terjadinya pada masyarakat. Untuk itu, pentingnya menjaga kesehatan sejak dini memang sangat diperlukan mengingat semakin hari tubuh semakin rentan terhadap gangguan kesehatan yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Bagi Anda yang ingin melakukan vaksinasi HPV dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc serta dapat mencari lokasi tempat vaksinasi HPV di Halodoc dengan lebih mudah. Seperti misalnya Anda yang berlokasi di Jakarta dan membutuhkan informasi seputar tempat vaksin Jakarta. Halodoc akan memberikan informasi mengenai biaya dan rekomendasi tempat terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda itu. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Kajati Banten Geledah Kantor Ditjen Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Petugas Sita  Rp 1,1 Miliar

27 Januari 2022 - 18:00 WIB

Masyarakat Adat Dayak Kalbar Laporkan Edy Mulyadi ke Polisi

27 Januari 2022 - 12:40 WIB

ASN Pelempar Bom Molotov Saat Pelantikan Pejabat Pemkab Ketapang Diamankan Polisi

27 Januari 2022 - 11:43 WIB

Dinkes Pontianak Temukan 15 Kasus Baru Covid 19, 9 Kasus Ditemukan di Sekolah

27 Januari 2022 - 11:38 WIB

15 Siswa dan Guru di Pontianak Terpapar Covid 19, Sekolah Diliburkan

21 Januari 2022 - 19:13 WIB

Tak Setuju Ibu Kota Dipindah, Din Syamsuddin akan Gugat UU IKN ke MK

21 Januari 2022 - 16:35 WIB

Trending di Nasional