Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 14 Mar 2024 18:50 WIB ·

Berkah Bulan Ramadhan, Harga Buah Blewah Tembus Rp7 ribu Perkilogram


					Berkah Bulan Ramadhan, Harga Buah Blewah Tembus Rp7 ribu Perkilogram Perbesar

Petani Situbondo, saat panen buah blewah.

 

Situbondo, reportasenews.com – Berkah bulan suci Ramadhan, harga buah blewah terus merangkak naik di Situbondo. Saat ini, harganya mencapai Rp7 ribu perkilogram. Padahal, sebelum bulan puasa harganya hanya sebesar Rp4 ribu perkilogram.

“Ini berkah bulan Ramadhan. Mahalnya harga blewah bukan karena tingginya permintaan konsumen, melainkan karena banyaknya petani yang gagal panen akibat cuaca ekstrem,” kata Sunawi, seorang petani asal Kecamatan Kendit, Situbondo, Sunawi, Selasa (14/3/2024).

Menurutnya, tingginya harga blewah di pasaran utamanya di awal bulan Ramadhan ini tentu sangat menguntungkan bagi petani. Dengan harga Rp.7 ribu kilogramnya. Bahkan, denga harga tersebut para petani bisa meraup keuntungan mencapai ratusan juta per hektarnya.

“Sedangkan untuk biaya garap seluas satu hektar tanaman blewah, membutuhkan modal sekitar Rp. 30 jutaan,”bebernya.

Sunawi menegaskan, dengan luas tanaman satu hektar bisa menghasilkan 7 ton buah blewah setiap panen, sementara dirinya bisa panen tiga hari sekali. Bahkan, buah blewah hasil panenya langsung dibawah keluar kota.

“Selain itu, kami tidak kesulitan menjual blewah karena langsung dijemput pedagang ke sawah. Biasanya mengirim buah blewah ke Bali, Sidoarjo, Surabaya dan Jember,” katanya

Lebih jauh Sunawi berharap, Pemkab Situbondo melakukan program pendampingan bagi petani hortikultura, mengingat saat cuaca ekstrem menyebabkan tanaman rentan penyakit, seperti batang busuk hingga menyebabkan gagal panen.

“Sejauh ini di tempat kami tidak ada pendampingan sama sekali bagi petani sehingga banyak petani gagal panen. Makanya untuk buah-buahan jenis blewah sekarang cukup langka,”pungkasnya.

Sementara itu, seorang pedagang buah-buahan Abrori mengatakan, diakui pada bulan ramadhan tahun 2024 ini, banyak petani yang mengalami gagal panen, sehingga harga buah-buahan cenderung naik termasuk buah blewah. Sehingga para pedagang harus mencari buah-buahan ke sejumlah daerah untuk memenuhi permintaan konsumen.

“Kami cari buah-buahan ke sejumlah daerah karena kami punya banyak supplier di luar kota,”kata Abrori. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Menpan RB: Rekrutmen CPNS dan PPPK Harus Rampung Tahun 2024

22 April 2024 - 20:38 WIB

Pasangan Anak Punk yang Mesum di Alun-alun Kota Situbondo Diamankan Satpol PP

22 April 2024 - 20:33 WIB

Gelapkan Sepeda Motor Polisi, Dua Tersangka Dijebloskan ke Penjara

22 April 2024 - 19:26 WIB

Penyakit DBD Mewabah, Rumah Sakit di Situbondo Dipenuhi Pasien

22 April 2024 - 18:46 WIB

Aksi Perampokan di Jalan Niaso Muaro Jambi Viral di Medsos

22 April 2024 - 17:30 WIB

Pemkab Sarolangun Sebut Berhasil Turunkan Angka Pengangguran 

22 April 2024 - 17:03 WIB

Trending di Daerah