Menu

Mode Gelap

Jelajah · 11 Apr 2017 16:49 WIB ·

Berpetualang, Menjadi Pejuang Cinta Kemanusian Yang Mandiri dan Independen


					Emon Magun (Macan Gunung), seorang pendaki gunung berpengalaman masuk hutan hujan tropis di Indonesia, menyebutkan berpetualang memberikan nuansa pengembangan diri bagi setiap pelakunya. (foto: Pribadi) Perbesar

Emon Magun (Macan Gunung), seorang pendaki gunung berpengalaman masuk hutan hujan tropis di Indonesia, menyebutkan berpetualang memberikan nuansa pengembangan diri bagi setiap pelakunya. (foto: Pribadi)

Jakarta, reportasenews.com- Musim liburan sekolah sebentar lagi menjelang. Rasanya, tidak ada yang lebih menarik melakukan hal-hal positif dan bermanfaat. Salah satu yang perlu dilakukan, ya berpetualang berjalan dan mengunjungi tempat-tempat yang tidak umum.

Lupakan mal dan tempat wisata elit, karena di tempat itu kita hanya menemukan semangat konsumtif. Belanja dan menghabiskan uang, tanpa merasakan manfaat bagi pengembangan jiwa. Cobalah berpetualang, lokasi yang berbeda dan tidak semua orang mau mencoba.

Emon Magun (Macan Gunung), seorang pendaki gunung berpengalaman masuk hutan hujan tropis di Indonesia, menyebutkan berpetualang memberikan nuansa pengembangan diri bagi setiap pelakunya.

Tim Jelajah di Gn. Latimojong, Sulsel. Lebih sering berpetualang bakal bikin mental kamu lebih baik lagi, dan pastinya pengalaman yang nggak akan terlupakan. Tunggu apalagi atur jadwal buat berpetualang. (foto: Jelajah)

Tim Jelajah di Gn. Latimojong, Sulsel. Lebih sering berpetualang bakal bikin mental kamu lebih baik lagi, dan pastinya pengalaman yang nggak akan terlupakan. Tunggu apalagi atur jadwal buat berpetualang. (foto: Jelajah)

“Bagi remaja, berpetualang yang paling sederhana, misalnya naik gunung itu melatih sifat mandiri dan independen. Pendaki gunung itu cenderung menjadi orang yang percaya diri, mempunyai motivasi hidup yang lebih baik. Bahkan para pendaki gunung itu, dikategorikan sebagai pejuang cinta kemanusiaan,” tutur Emon Magun.

Pada musim liburan bulan April ini, Emon membuka kursus jungle survival secara privat dengan Next Trip Jelajah. Lokasinya di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrago, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta namun masih memiliki ekosistem hutan hujan tropis yang beragam. Kursus itu sendiri didesain menyerupai kondisi darurat sebenarnya, namun dengan dukungan fasilitas keamanan dan kenyamanan kelas satu.

“Semua alat-alat pelatihan mulai dari tenda, sleeping bag dan makanan sudah disediakan,” tukasnya.

Lebih sering berpetualang bakal bikin mental kamu lebih baik lagi, dan pastinya pengalaman yang nggak akan terlupakan. Tunggu apalagi atur jadwal buat berpetualang.

Berikut tips berpetualang dari Emon Magun sbb:

  1. Kamu Bakal Belajar Buat Lebih Manage Uang Dan Waktu

Mau nggak mau waktu kamu berpetualang, kamu harus manage uang kamu. Berapa kira-kira yang bakal kamu pake dan kamu butuhin. Selain itu kamu juga harus manage waktu biar semua jadwal yang udah kamu siapin bisa berjalan dengan baik. Hal kayak gini bisa mematangkan logikamu dalam berpikir dikehidupan yang akan datang loh.

  1. Belajar Dari Perbedaan, Karena Perbedaan Itu Indah

Waktu kamu berpetualang ke suatu daerah, kamu pasti bakal nemuin tradisi dan kebudayaan yang berbeda dan mungkin belum pernah ada di benakmu. Kamu bakal sadar betapa indah dan beragamnya budaya dan tradisi yang dimiliki Indonesia.

  1. Kamu Bakal Berinteraksi Sama Orang-Orang Yang Sebelumnya Belum Pernah Kamu Kenal.

Berinteraksi sama dunia luar itu suatu keharusan. Kamu bakal ketemu sama banyak orang yang kamu belum pernah kenal sebelumnya. Disitu kamu bakal nemuin sesuatu yang berbeda yaitu sifat dan watak orang yang berbeda-beda. Jadinya nanti kamu nggak akan kaget sama berbagai macam watak orang. Kita juga harus bersikap dewasa akan hal itu.

  1. Disetiap Perjalanan Itu Pasti Ada Aja Sesuatu Yang Terjadi. Hal Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Dewasa.

Segala sesuatu yang terjadi kamu harus bisa nyelesainnya. Otak dan mentalmu diminta berfikir disini. Dan juga hal ini bakal nambah pengalamanmu. Semakin banyak kamu makan asam garam kehidupan, semakin dewasa juga kamu dalam berpikir dan bertindak. Dewasa itu nggak diukur dari usia kok.

Pada musim liburan bulan April ini, Emon membuka kursus jungle survival secara privat dengan Next Trip Jelajah. Lokasinya di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrago, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta namun masih memiliki ekosistem hutan hujan tropis yang beragam.

Pada musim liburan bulan April ini, Emon membuka kursus jungle survival secara privat dengan Next Trip Jelajah. Lokasinya di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrago, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta namun masih memiliki ekosistem hutan hujan tropis yang beragam.

  1. Jauh Dari Tempat Asal Atau Zona Nyaman, Bakal Bikin Mental Terbentuk Dan Kemampuan Survive Mu Meningkat

Keluar deh dari zona nyaman mu. Ketika kamu berpetualang kamu harus siap belajar hidup mandiri dan berdiri diatas kakimu sendiri. Nggak cuma mengandalkan orang lain aja. Kamu juga harus bisa ngelakuin banyak hal dengan tanganmu sendiri.

  1. Saudaramu Bakal Tambah Banyak

Ketika kamu nemuin banyak orang baru, kamu harus bersikap baik pada mereka.  Kamu harus membantu mereka atau sebaliknya. Karna ketika kamu pergi ngelanjutin petualanganmu, kebaikanmu akan selalu dikenang dan mereka menganggap mu seperti saudara sendiri. Hal ini akan bermanfaat banyak kedepannya. (tat/berbagai sumber)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mantan Kabid Prasarana Distan Kabulaten Merangin Jadi Tersangka Korupsi Bansos

19 Juli 2024 - 16:08 WIB

Tiga Desa di Tanjab Barat Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

19 Juli 2024 - 15:43 WIB

Buntut Ikut Temui Presiden Israel, Bupati Kudus Pecat Staf Khususnya

18 Juli 2024 - 14:28 WIB

Polres Sarolangun Musnahkan 2 Kilogram Narkotika Jenis Sabu

18 Juli 2024 - 14:04 WIB

4 ASN Terafiliasi Jaringan Teroris, Kesbangpol Tanjabbar Minta Masyarakat Segera Lapor Bila Temukan Aliran Tak Wajar

18 Juli 2024 - 13:45 WIB

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Trending di Daerah