Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Hukum · 8 Sep 2016 19:54 WIB ·

BG Diminta Selesaikan Polemik Kewarganegaraan Arcandra


					Archandra Tahar Perbesar

Archandra Tahar

JAKARTA RN.COM – Belum dilantik, Komjen Pol Budi Gunawan sudah dihadapkan permasalahan rumit untuk diselesaikan. Permasalahan yang dimaksud yaitu dwi kewarganegaraan mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Thahar. ‎

Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi III Akbar Faisal menjelang ditutupnya rapat paripurna. ‎Menurutnya, tak semua pihak termasuk DPR RI menyetujui langkah Kemenkumham memberikan status WNI kepada Arcandra

“Saya mau bicara soal hal lain yang berhubungan dengan BIN. Hari ini kita masih bertengkar tentang sebuah kasus kewarganegaraan warga negara kita yang telah memilih menjadi warga negara Amerika Serikat,” ujarnya di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9).

Anggota Fraksi Partai Nasdem itu kemudian mengungkapkan informasi yang didapatnya dari seorang pejabat teras BIN. Pemerintah, sebut Faisal, tidak meminta pertimbangan BIN saat menunjuk Arcandra sebagai menteri ESDM.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa Arcandra sudah menyatakan sumpah setia kepada AS. Anak buah Surya Paloh ini bahkan membacakan sumpah setia terhadap AS yang menurutnya pernah dibacakan Arcandra.

Berikut bunyi sumpahnya:

Dengan ini saya menyatakan, di bawah sumpah, bahwa saya benar-benar dan sepenuhnya meninggalkan dan mengingkari semua kepatuhan dan kesetiaan untuk setiap pangeran asing, penguasa, negara, atau kedaulatan yang dulu pernah menjadikan saya subjek atau warga.

Bahwa saya akan mendukung dan membela Konstitusi Amerika Serikat terhadap semua musuh baik asing dan domestik. Bahwa saya akan menyandang keyakinan dan kepatuhan.

Bahwa saya akan menyandang senjata atas nama Amerika Serikat manakala diperlukan oleh Undang-Undang. Bahwa saya akan melakukan layanan nontempur di Angkatan Bersenjata Amerika Serikat manakala diperlukan oleh Undang-Undang.

Bahwa saya akan melakukan pekerjaan kepentingan nasional di bawah arahan sipil manakala diperlukan oleh Undang-Undang. Dan bahwa saya mengambil kewajiban ini secara sukarela tanpa tekanan mental apapun atau tujuan menghindar.

Semoga Tuhan menolong saya.

Berdasarkan sumpah tersebut, Akbar mendesak DPR RI untuk bersikap tegas untuk tidak menyetujui status WNI Arcandra Tahar. Bahkan, jika perlu keputusan tersebut dibatalkan.‎

“Saya ingin DPR bersikap tegas soal ini dan meminta untuk membatalkan,” desaknya. (Leg/Tjg)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Menpan RB: Rekrutmen CPNS dan PPPK Harus Rampung Tahun 2024

22 April 2024 - 20:38 WIB

Pasangan Anak Punk yang Mesum di Alun-alun Kota Situbondo Diamankan Satpol PP

22 April 2024 - 20:33 WIB

Gelapkan Sepeda Motor Polisi, Dua Tersangka Dijebloskan ke Penjara

22 April 2024 - 19:26 WIB

Penyakit DBD Mewabah, Rumah Sakit di Situbondo Dipenuhi Pasien

22 April 2024 - 18:46 WIB

Aksi Perampokan di Jalan Niaso Muaro Jambi Viral di Medsos

22 April 2024 - 17:30 WIB

Pemkab Sarolangun Sebut Berhasil Turunkan Angka Pengangguran 

22 April 2024 - 17:03 WIB

Trending di Daerah