Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 13 Mar 2024 21:15 WIB ·

BI dan KJRI New York Dorong UMKM NTT masuk Pasar Global


					BI dan KJRI New York Dorong UMKM NTT masuk Pasar Global Perbesar

BI dan KJRI New York Dorong UMKM NTT masuk Pasar Global

Kupang, Reportasenews.com – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York mendorong peningkatan kapasitas UMKM di Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan kualitas produksi sehingga bisa menembus pasar nasional dan global.

Untuk mendorong kapasitas pelaku UMKM tersebut, Bank Indonesia Perwakilan NTT bersama KJRI New York menyelenggarakan Workshop Pre-Kurasi UMKM Home Decor yang memiliki produk kriya dan home decor. Workshop dan Pre-Kurasi Home Decor tersebut berlangsung di Kupang, Selasa (12/3).

Workshop tersebut dimaksudkan untuk mendorong daya saing pelaku UMKM NTT untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas UMKM siap ekspor.

Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka upaya KJRI New York menyiapkan Produk Kriya Indonesia yang akan dibawa ke pameran dagang Shoppe Object New York City (SO NYC) Summer 2024 di New York, Amerika Sertikat, pada 4-6 Agustus 2024.

Peningkatan kapasitas pelaku UMKM dianggap penting dalam Workshop tersebut, mengingat potensi produk turunan dari NTT memiliki produk yang cukup potensial.

Sehingga melalui workshop tersebut dapat dilakukan kurasi dan sharing informasi mengenai seluk beluk pasar luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati mengatakan, NTT memiliki potensi dan keunggulan produksi tenun yang sangat luar biasa. Tetapi kualitas produksinya harus lebih ditingkatkan untuk bisa menembus pasar nasonal dan global.

“Tenun NTT dari segi motif hingga bahan sudah cukup baik, tetapi memang perlu didorong untuk lebih ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat diterima segmen pasar yang lebih besar, yaitu nasional dan global,” ujarnya.

Karena itu, Agus juga menambahkan, pelaku UMKM yang ikut pada workshop tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal. “Sehingga ke depan para UMKM dapat meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas dan kuantitas produksi,” kata Agus.

Agus juga menyampaikan apresiasi kepada KJRI New York yang telah menggandeng Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Karena  Workshop Pre-Kurasi UMKM Home Decor tersebut akan sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM khususnya untuk peningkatan kualitas produksi.

Sementara itu kurator home decor, Mrs. Jennifer Isaacson yang didampingi Konsul Muda Ms. Amanda Himawan yang membawakan materi mengenai ketentuan ekspor-impor, mengatakan orientasi pasar luar negeri sangat ditentukan oleh kualitas produksi.

Menurut Jeniffer identifikasi pasar, tahapan proses desain (branding,logo design, merchandising), cara menentukan harga, standarisasi produk dan lain-lain sangat dibutuhkan di pasar global.

Workshop tersebut juga melibatkan 20 pelaku UMKM di NTT dan juga Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT dan Dekransda Kabupaten

Pada kesempatan tersebut, Kurator Jennifer Isaacson berkesempatan melihat beberapa produk UMKM NTT sebagai kandidat produk yang layak untuk masuk pasar AS melalui Shoppe Object New York City (SO NYC).

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Liburan Lebaran, Polres Situbondo Siagakan Kapal Patroli di Wisata Pantai

13 April 2024 - 14:10 WIB

Nelayan Hamili Anak Kandung Dilaporkan ke Polisi

12 April 2024 - 21:05 WIB

Dua Rumah Milik Bapak dan Anak di Situbondo Ludes Terbakar

12 April 2024 - 19:09 WIB

Kapal Klotok Tenggelam di Sungai Kapuas,  Enam Penumpang Selamat

12 April 2024 - 13:19 WIB

Roda Depan Bermasalah, Bus Masuk Saluran Irigasi di Jalur Pantura Situbondo

11 April 2024 - 17:45 WIB

Suasana Sholat Idulfitri di Lapangan Merdeka Terbaru

11 April 2024 - 16:34 WIB

Trending di Daerah