Menu

Mode Gelap

Daerah · 18 Sep 2023 16:52 WIB ·

BIAS Tahun 2023 Dilaunching, Puluhan Ribu Siswa SD Jadi Target


					BIAS Tahun 2023 Dilaunching, Puluhan Ribu Siswa SD Jadi Target Perbesar

Petugas Dinkes Situbondo, saat menyuntik vaksin siswa SD.

 

Situbondo, reportasenews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, melaunching Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaunching oleh Bupati Karna Suswandi di SD Negeri 1 Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, Senin (18/9/2023).

Kepala Dinkes dr. Sandy Hendrayono mengatakan, kegiatan BIAS ini dilaksanakan serentak mulai bulan Agustus hingga November Tahun 2023. Pelaksanaannya dilakukan diseluruh sekolah SD-sederajat di Kabupaten Situbondo.

“Di mana pelaksanaannya dilakukan di sekolah-sekolah SD-sederajat di Situbondo. Petugas Puskesmas yang mendatangi sekolah masing-masing,” ujar Sandy.

Menurutnya, BIAS ini merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi dasar yang diberikan saat Balita. Dengan begitu kekebalan anak semakin kuat untuk mencegah penyakit. Sehingga anak-anak kita menjadi sehat.

“Dengan harapan, generasi kedepan akan tumbuh sehat,”bebernya.

Sandy menambahkan, karena BIAS wajib bagi siswa SD, sehingga
siswa yang tidak masuk saat ada pelaksanaan imunisasi maka akan didatangi ke rumahnya. “Namun, yang penting kondisi siswa tersebut sehat, sehingga bisa diimunisasi,”katanya.

Lebih jauh Sandy menanmbahkan, tujuan dari BIAS ini untuk meningkatkan imun siswa. Sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari difteri, tetanus, campak-rubela hingga kanker serviks,” tegasnya.

Sedangkan khusus siswa kelas V dan VI, ada imunisasi tambahan. Yakni imunisasi Human Papiloma Virus (HPV). Tujuannya untuk mencegah terjadinya kangker serviks atau kanker rahim.

“Untuk penyunting vaksin ini dilakukan satu kali ya. Jadi vaksin difteri-tetanus dan campak-rubela satu suntikan. Kemudian HPV juga satu suntikan,” pungkasnya.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Rumah Kakak Beradik di Situbondo Rusak Berat

14 Juli 2024 - 21:18 WIB

DuaGudang Terbakar di Situbondo, Kerugian Materi Mencapai 45 juta

14 Juli 2024 - 21:14 WIB

Ae Mutu Air Tiga Rasa, Nikmati Keindahan Alam dan Budaya di Gunung Kelimutu

14 Juli 2024 - 21:08 WIB

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Warga Usir Truck Tangki Bermuatan Limbah

12 Juli 2024 - 17:11 WIB

Trending di Daerah